Untuk menulis dokumen yang rapi dan terstruktur enaknya pakai apa ya?
Langsung dengan Ms Word/OpenOffice.org Writer atau dengan yg "lebih
teknis" seperti LaTeX atau SGML/XML DocBook?

Saya pernah menggunakan SGML DocBook untuk membuat buku (proyek gotong
royong bikin buku :D), yang saya rasakan saya bisa memfokuskan diri
dalam penulisan isi dokumen daripada pengaturan tampilan. Setelah isi
selesai, compile, jadi deh semuanya. Namun saya mengalami kesulitan
saat saya ingin mengatur tampilan yang dihasilkan (oh iya, outputnya
berupa file pdf atau rtf).

Saya juga pernah menggunakan Ms Word/OOo Writer yang mungkin lebih
mudah untuk mengatur tampilan (gara2 WYSIWYG?) namun saya mengalami
kesulitan dalam penyusunan dokumen dengan struktur yang bagus dan
rapi. FYI, saya sudah menggunakan fasilitas style, namun tetap saja
ribet :P

Satu lagi, saya juga pernah menggunakan XML DocBook untuk membuat
dokumen HTML. Untuk yang satu ini saya cukup puas karena dapat membuat
struktur yang baik dalam dalam DocBooknya dan saya dapat mengatur
tampilan dengan CSS. Namun rasanya agak kurang cocok untuk dokumen
yang bertipe buku, laporan, atau semacamnya yang memiliki nomor
halaman, dsb (intinya untuk media cetak). Karena HTML kan memang tidak
mengenal yang seperti itu (cmiiw)

Jadi, ada saran?

Sampai saat ini saya mungkin akan lebih memilih menggunakan DocBook
atau LaTeX karena saya lebih menginginkan struktur yang rapi. Mungkin
ada yang dapat memberi referensi bagaimana mengubah tampilan yang
dihasilkan oleh DocBook atau LaTeX.

--
Iang-
http://fajran.net