Merujuk email David Sudjiman tanggal 15-Dec-2005:

> - Segala bentuk informasi yang ada pada website ini tidak dapat
>   digunakan sebagai bukti hukum.
> - Segala bentuk informasi yang ada pada website ini diluar
>   tanggung-jawab pemilik website (Lho ini blog apa terasi?)
> - Pokoknya bukan saya! :-D

Kenapa mikirnya ke arah melepas tanggung jawab? Kayak ABG ber-nickname
anonymous ketar-ketir belingsatan ditanya fullname, TTL, lokasi dan
upline-nya di milis sebelah aja!

Sebelum berbicara isi atau penafsiran, lebih baik hal-hal teknisnya
diperjelas tanggung jawabnya, karena ramenya di blog bisa dipermudah
secara semantik, misalnya:
* Setiap paragraf yang ditulis penulis blog adalah sepenuhnya tanggung
  jawab penulis blog
* Setiap kutipan adalah tanggung jawab pemilik kutipan tersebut
* Setiap gambar/multimedia adalah tanggung jawab penulis blog, kecuali
  disebutkan khusus atau tautan dari luar blog tsb

Kelemahan yang ada (termasuk saya juga) biasanya lupa memberi tag
mana. Ini yang sebenarnya harus diedukasikan kepada para blogger yang
kebanyakan memang menulis acak-acakan tanpa semantik yang jelas.

Satu hal yang bisa (harus) dicontoh bagi para blogger adalah gaya
penulisan Wikipedia, bahwa isian di sana adalah hasil tangan dan pikiran
kontributor sendiri, jika copy-paste mentah-mentah jelas sumbernya harus
dari yang public domain, dll.

--
Jay

Kirim email ke