hmm ternyata ndak ada yaa  anggota milist ini yang dari  badan regulasi atau kementrian technology atau telekomunikasi...
rasanya ide ini kurang menarik jadi  saya stop deh thread ini. cuman carlos lagi carlos lagi

adjie

On 1/31/06, m. c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Adjie wrote:
> Dear All,

Jangan lupakan Pakistan sudah lama sekali melakukan ini.

Mungkin banyak yang belum tahu tapi Cisco dan Nortel Networks punya R&D
disana.

Persisnya gak tahu , apakah di Karachi atau Islamabad.

> sekali lagi indonesia ngga jelas, mungkin yang punya kompetensi di sini dari
> ITB, ITS, Gunadarma atau uni lainnya bisa meencontoh cara korea, saya baru
> sadar kalau mahasiswa mereke di jadikan agent, rasanya banyak juga mahasiswa
> indonesia di luar atau expert spt Carlos (lagi-lagi Carlos), kenapa ngga di
> optimalkan saja  semoga  bapak-2 di Ristek ada yang ikutan milis ini
>
> maaf terlalu banyak baca novel spionage....

Ini sebenernya thread yang bagus amat. Sebenernya saya sudah lama
sekali sadar dan aware tentang hal ini , tapi mau protes pun susyah ,
karena mau melaporkan kemana ?  Jadi yang penting ada "kesadaran dari
individu"nya masing masing saja dulu yang kita mulai.

Saya beberapa kali bilang ' sdm indonesia gagal mengembangkan potensi
karena faktor lingkungan'  dan sdm di Indonesia "scattered" , ya
penyebab utamanya ya jelas masalah yang Bang Adjie ini ungkapkan , itu
juga salah satu kenapa perkembangan ristek di Indonesia jalan di tempat
atau malah mundur ke belakang.

Tapi ada harapan cerah setelah SBY masuk koq Djie.