On Tue, Feb 14, 2006 at 07:58:44AM +0700, adi wrote:

> hm.. wacana bagus yang belum tentu didukung fakta/realita.

Betul. Makanya saya pengen nyobain dulu, sekalian mengexplore apa saja
yg ditawarkan. Memang kadang saya sering berkesimpulan sebelum
membuktikan (bad habit yg perlu diubah), makanya jangan terlalu
dengerin saya :-)

> implementasi di linux yang sekarang yang mana yang belum bisa
> memenuhi kebutuhan anda? :-)

Skrg ini saya belum ada kebutuhan. Tapi kalo sampe nanti ada kebutuhan
yg bisa dipenuhi dg tepat oleh zfs ya saya pake solaris aja utk
kebutuhan itu, ngapain nunggu sampe ada linux portnya, gitu lho.

Kebutuhan apa yg bisa dipenuhi dg tepat oleh zfs itu saya masih belum
punya gambaran lengkap karena belum sempet nyobain bener2, jadi belum
tau apa yg bisa ditawarkan (bukan hanya on paper).

Kalo kebutuhan saya skrg mah bisa dipenuhi dg baik oleh apa yg ada di
Linux. Tapi kadang kalo menemukan sesuatu yg baru yg ditawarkan bisa
membuat kebutuhan kita berubah karena mungkin sebelumnya ada hal2 yg
belum kita masukkan ke pertimbangan. Agile, gitu lho.

> kecuali sekarang sedang bermaksud me-mirror google.

Saya rasa masih banyak yg ditawarkan oleh zfs yg menarik juga selain
scalability.

Ronny