On 2/17/06, Bukan programmer, hanya progamer <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamualaikum,
>
>  Menyambung diskusi lama masalah tenaga teknis lapisan 0, yang berhubungan
> dengan keahlian pengkabelan (cabling?) saya ada pertanyaan:
>
>  1.Apakah di Indonesia terdapat semacam kursus atau pelatihan mengenai
> kabelisasi, kemudian,

Kalau yang saya tahu, kalau urusan instalasi kabel utk data center
(structured cabling), itu biasanya diimplemen ama perusahaan sistem
integrator yang ngikut standarnya perusahaan yg punya solusi
structured cabling spt Panduit atau AMP.

> 2.Bagaimanakah prospek pekerjaannya, baik itu di
> Indonesia atau di luar negeri?

Wah gak tahu ya,
tapi yang jelas keahlian mereka ini sangat berarti buat network &
server engineer kayak saya.

>  3.Sehubungan dengan semakin maraknya interkoneksi  nirkabel, lalu
> bagaimanakah prospek tentang dunia (peng)kabelisasi,

Wireless nggak menggantikan kabel.

Wireless itu kan shared channel, kanal yang dipake rame-rame,
tetep aja butuh jalur dedicated utk jalanin Gigabit ethernet,
transmisi long haul STM-256 (40 Gbps), sampai DWDM yg sampe 320Gbps
utk kabel laut US-eropa via atlantik..

>  4. Apakah penetrasinya (terutama diluar negeri) semakin maju berkembang
> atau sebaliknya?

Mestinya masih berkembang.
Kira2 tahun depan 10Gig Ethernet akan keluar barangnya utk kabel UTP
konektor RJ-45, dan kabelnya standarnya agak tinggi, jadi agak susah
kalau kita crimping sendiri, musti ada teknisi2 spt mereka itu.

-affan