On 2/18/06, Akhmad Fathonih <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dari kemaren saya bertanya-tanya sendiri, bisakah tenaga ahli (IT) di
> Indonesia disalurkan seperti halnya TKI?

Saya pernah punya perusahaan yang mencoba menyalurkan tenaga IT
ke luar negeri. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

1. Job desc. yang ada di luar negeri seringkali sangat spesifik
   dan membutuhkan requirement yang cukup tinggi.
   Misalnya, waktu itu ada tawaran untuk orang yang mengerti
   cardpac dengan jam terbang minimail 5 tahun.
   Mana ada di Indonesia? (Kalaupun ada, sudah mapan di tempat
   kerjanya.)

2. Tenaga kerja di Indonesia kurang pengalaman kerja.
   (Kebanyakan kuliah kali? kurang praktek.)
   Mau tanya ... ada di antara rekan-rekan yang punya pengalaman
   Java 7 tahun? ;-)
   Kalaupun ada biasanya tidak ingin pindah kerja.

3. Tenaga kerja Indonesia lebih manja.
   Pernah kami kirim ke LN, belum apa-apa udah minta pulang :(
   hik hik hik. Belum lagi kalau fasilitas di LN gak bagus,
   minta yang bagus atau pulang.
   Padahal tenaga kerja India mau kerja desak-desakan.

Apa lagi ya?

-- budi