On 2/18/06, Gempur SR <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Jangan cari Citra Satellit wiliayah Indonesia di web bakosurtanal
> carilah di web NOAA atau JPL NASA, jauh lebih mudah dan murah

Biarlah Bakosurtanal bergerak di daerah yang menjadi "kekuasaannya"
dan kalau kita hendak bermain di sisi teknis cari saja solusi yang
lebih membawa manfaat bagi banyak orang. ;)

Liberalisasi? Sekalipun saya agak berhati-hati juga dengan neo-liberalisasi.

> Untuk melakukan Foto Udara di wilayah Indonesia harus se-izin TNI AU,
> Menteri dll
> Sementara dengan Citra Satellit hanya perlu 'sedikit' biaya tanpa harus izin
> bla ...bla...

Ini manfaat investor yang berwawasan teknologi. Jika ada perusahaan
besar (dan barangkali perlu punya kedekatan personal juga dengan
kalangan atas) pasang kuda-kuda, urusan izin bla-bla itu cukup
dilakukan oleh satu pihak dan setelah itu hasilnya dapat dinikmati
banyak kalangan. Seperti zaman TPI muncul dulu: rasanya saat itu
hampir mustahil mendirikan televisi swasta, tapi karena pendiri TPI
punya kuasa yang hampir tak-terbantah, ya bisa gol juga.

--
amal