baskara wrote:
> Setuju. Belajar desain IC belum tentu membutuhkan komputer. Modal
> pensil, kertas, dan brainware. ;-) Belajar networking juga bisa begitu
> asal caranya bener. Networking itu kan ilmu gaib, gak jelas wujudnya.
> Cukup dibayangkan dan digambar saja. =))
> btw. rekan seangkatan saya yang sekarang di Intel malaysia masih
> teriak-teriak tuh cari orang bidang desain IC. :-)

Ndak tau juga ya. Saya mungkin salah karena tidak mendapatkan angka yang
pasti.

Kebanyakan, angkatan dibawah kita pada umumnya punya niatan kalo belajar
komputer bisa gampang mencari kerjanya dan rata2 pada jadi sys/net-admin
(atau programmer). Itu mungkin karena banyak rekan2 seniornya pada jadi
begituan. Jadi, ya, 'tergantung temen' juga sih.

Mungkin kalo tempat diskusi seperti teknologia ini diperbanyak dan
orang2 seperti MCP dan rekan2 yang lain yang kerjanya yang rada beda.
Mungkin faktor influence seperti ini juga bisa diperbanyak.

Jadi inget dulu di warta ekonomi ada yang membahas mengenai buying
faktor dari sebuah buku. CMIIW, saya tidak ingat secara pasti angkanya.
10% orang beli barang karena melakukan riset terlebih dahulu, 20% orang
beli barang karena tergantung dari orang2 riset ini, sedangkan 40% orang
beli barang sebenarnya karena ikut2an saja. Contohnya windows, berapa
banyak yang bener2 membandingkan produk kemudian milih Windows dan
berapa yang ikut2an minta diinstallin photoshop n AutoCad :-).

Sama juga masalah kerjaan. Kalo networkingnya disitu2 juga, ya nda jauh
dari pohonnya deh :-)

--
thx
David Sudjiman