Oskar Syahbana wrote:

> Wah saya baru liat - liat di etrade, biasanya di optionsexpress.com
> (soalnya datanya lengkap banget, sekaligus rekomendasi -
> rekomendasinya sangat membantu) -- sayang per transaksi $15.

kalau pake www.mbtrading.com dan www.interactivebrokers.com traksaksi
fee hanya 1 USD saja, up to 500 stocks kalau gak salah.

Untuk options position juga cuman 1 dollar.

> IB memang feednya real-time (baru nyadar saya hehehe). Cuma
> interface-nya sangat engga user friendly, mirip interface trader
> beneran di trading floor :-).

Lho emang iya , IB emang untuk profesional trader bukan untuk beginner
:-)

> Between ameritrade dan etrade, mas carlos suggest yang mana?

ameritrade banyak beri feed l2 gratis, SP analisis gratis dan software
technical analysis gratis :-)

kalo etrade gak ada.

> Oh satu lagi, ada yang tau penyedia feed gratisan tentang US stock
> market yang real-time?

seperti saya bilang , sistem komputer di NYSE dan Nasdaq itu bisa
dibagi antara island dan non-island.

Kalau yang island itu istilahnya ECN = Electronic Computer Networks ,
modelnya sistem "free feed" yang dipakai ramai2 oleh public dan
institusi untuk beli/jual secara anonymous ( misalnya Goldman sachs
dapat order mau beli 1 million shares RIMM, mereka gak beli pake GSCO
computer system, tapi pake ECN island system supaya order mereka
kelihatan anonymous , kenapa koq pake anonymous ? soalnya kalo pake
sistemnnya GSCO sendiri, dan publik tahu, mereka bakal bidding price,
akhirnya GSCO sendiri yang rugi karena mereka beli dengan harga
tinggi).

Untuk free feedingnya coba saja buka www.tradingday.com

Carlos

> --