buat rizky: 'emangnya adsense kenapa?'
ya tidak kenapa2. saya cuma nawarin ide barangkali kalangan techno di indo ada yg minat berkolaborasi dan membuat semacam adsense khusus untuk orang indo.

bukan apa2, krn. adsense google kan cuma nerima situs/blog yg berbahasa eropa + china, jepang, korea.

maksud saya, kalo ada yg mau memprakarsai, tentu itu sangat baik dan akan sangat memotivasi kalangan blogger berbahasa indo atau yg blom ngeblog.

jadi, sekali lagi, bukan saya yg mo ngadain. :)

salam,

On 4/11/06, enda nasution <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 4/11/06, Jay <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
2006/4/10, Fatih < [EMAIL PROTECTED]>:
> ini bukan pengumuman pembukaan google adsense Indonesia, saya cuma mau nanya
> feasibilitas dan kemungkinan membuka ads online ala adsense (PPC -pay
> per-click) khusus indonesia, kira2 gimana? apa nasibnya sesuram e-commerce?
> adakah kemungkinan juragan2 kita mau pasang iklan di situ?
>
> atau apa sudah ada yg coba2 buat? mohon petromaksnya.

Soal AdSense anda harus punya pikiran kapitalisme. Setiap rupiah yang
beredar harus diperhitungkan untuk sebuah target volume yang besar.

Itu bisa berjalan jika sarana dan prasarananya ada, seperti halnya
segala macam produk SMS diolah oleh para operator selular dan vendor
content SMS.
Meniru ide tidaklah buruk, yang buruk adalah menjiplak.

Dari situs blog saya yang kecil bermetadata bahasa Indonesia mungkin
bisa diambil contoh, selama setahun lebih Google AdSense dipasang
menghasilkan rata-rata 4049 page impression dengan 4 klik iklan, hanya
satu permil orang ngeklik iklan/banner, mungkin karena iklan yang
related dengan keyword bahasa Indonesia sangat sedikit, atau juga
karena orang Indonesia itu pintar-pintar mengabaikan iklan/banner.

Mungkin orang media yang bannernya sangat banyak di sini bisa memberi
input sedikit, berapa sih rasio page impression berbanding CTR-nya?

Banner kan biasanya itungannya ga per click seperti Adsense/Adwords Jay, tapi per Impression atau per Thousand Impression (CPM)

Misalnya pasang rate Rp 100 ribu per CPM, jadi kalo bannernya muncul 10,000 kali (10 CPM) = Rp 100 ribu * 10 = Rp 1 juta.

Paling gampang lagi, pasang banner bulanan. Pokoknya itu banner selama sebulan bakal nangkring di Home Page, di charge Rp 50 juta misalnya. Ga susah2x nyiapin back office atau reporting segala hehe.

Kalo asumsi umum, rule of thumbs, CTR 1% itu udah bagus.

--enda
Visit my blog. Click here
http://enda.goblogmedia.com

--