Rully wrote:
> karena kalau kondisi infrastruktur gak bagus, maka gak akan ada
> konsumen. Sebab konsumen ada kalau mereka bisa dengan leluasa memakai
> infrastruktur.

sebenarnya IMO pelaku bisnis yang paling bisa mengagkat ecommerce di
Indonesia, dari yang paling penting adalah:

1. Bank (untuk menjamin penggantian fraud transaction).
2. Merchants (seperti om Eka indo.com ini).
100. Telco

Saya masih ingat dulu tahun 1997/1998 ada kawan di ISP yang ingin
membangun first ecommerce gateway di Indonesia, kalau gak salah sudah
partnership atau subsidiary dengan telkom dan bank.

Hanya setelah itu, seperti biasa , tidak pernah terdengar lagi
kabarnya.

-mcp

Kirim email ke