[EMAIL PROTECTED] wrote:
> mungkin perlu klarifikasi. saya bukan orang amerika jadi nggak
> berkepentingan bela2in amerika.
> kalo soal kagum, nggak perlu jepang atau korea. sama orang bandung pun
> saya kagum atas kreatifitas mereka membangun 'ekonomi underground'
> lewat musik indie dan distro2.
>
> saya hanya ingin menempatkannya pada  prespektif yg pas. misal ekonomi
> amerika memang sangat bermasalah, tapi tetap ekonomi amerika adalah
> terbesar di dunia disusul oleh cina dan jepang. dan jika cina dan
> jepang disatukan, ekonomi amerika masih tetap lebih besar dari
> kombinasi ekonomi cina dan jepang.

Yang perlu diingat:
- Tahun ini AS sudah jadi net importir dalam bidang IT
- Trade defisit AS dalam "record high" apalagi vs import dari China.

> juga soal inovasi teknologi. amerika yg memulai pesawat terbang, mobil
> , telepon, listrik, dan internet. meskipun sekarang jelas misalnya
> jepang lebih hebat dlm membuat mobil. menteri riset jerman pernah
> datang ke kampus saya dan membahas hal sama: bagaimana eropa bisa lebih
> inovatif.

Masalahnya: It was.

Itu 10 atau 100 tahun yang lalu :-) hari ini orang China sudah sama
pintarnya seperti senior2nya orang AS 20-30 tahun yang lalu.

Insititut research AS seperti Bell begitu sudah lama sinking dan skrg
jadi bagian dari komeptitor. Lagipula apa bisa dibilang US research
institute kalau isinya orang import dari China, Swiss dan India ?

> saya orang indonesia yang tertarik mempelajari bagaimana amerika
> sukses, dan melihat2 hal2 mana yang mungkin diterapkan untuk di
> indonesia. dan tentu kita bukan belajar dari amerika, tapi juga dari
> singapur, uni emirat arab, australia, india, jerman, iran, cina dll.
> kebetulan saja saya di amerika, jadi taunya amerika.

Dalam 10 tahun kedepan posisi China dan India mungkin akan sejajar
dengan AS.

Btw sekarang di kongres sedang dibicarakan "bill" untuk meningkatkan
"american competitiveness" biar gak makin jatuh. Beberapa pointnya: a)
memperbesar funding
b) import lebih banyak lagi smart people dari luar AS untuk
belajar/bekerja di AS.

-mcp

Kirim email ke