> Carlos atau Roby yang kebetulan ada di amerika, saya mau tanya gimana
> caranya Amerika bisa memperbesar Funding kalau secara ekonomi defisit
> perdagangannya besar, kemudian dengan meng-hire smart people bukankah Cost
> operationnya makin tinggi, nah kalau costnya tinggi gimana bisa neken harga
> jual product kalau di China atau india banyak product yang di hasilkan
> orang2 pinter tapi di jual dengan harga yang relatif lebih murah
>
> -mcp
>
> rgds
>
> Adjie

kalau di persh hitek , proses mikronya begini:
- R&D untuk nextgen produk sebagian besar dilakukan di AS
- fungsi penunjang yang bisa dilakukan di China/India bakal dilakukan
disana (contohnya untuk router cpu based)
- fungsi untuk code maintenance dilakukan di China/India
- Hardware manufacturing dilakukan di China.

Jadi ya walaupun ada hiring smart people di AS, tapi ini hanya untuk
*expert* saja, jadi tidak semasif hiring di luar AS.

Misalnya XYZ company bikin next-gen chips, biasanya hiring 80% engineer
dengan kualitas B di India, sedangkan 20%nya yang kualitas A baru di
AS.

Jadi disitu "balance"nya. Alias , engineer dengan kemampuan sedang2
saja akan tetap sulit dapatkan kerjaan di AS, tapi engineer dengan
kualitas yunior di India, akan gampang sekali dapat kerjaan.

-mcp

Kirim email ke