On 5/19/06, risiyanto budi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Budi Rahardjo wrote:

>Di Indon ini aneh sekali ya. Makin lama kok makin sulit sekolah...

Mungkin perlu diberikan alternatif dari sekolah:
http://en.wikipedia.org/wiki/Homeschooling

Home schooling di liat dari segi biaya atau bukan? kalo dari wikipedia hanya merupakan alternatif sekolah yang di ajarkan oleh orang tua karena sekolah itu exklusif (mungkin mahal)

Kalo dari segi pendidikannya mungkin bisa di cari cara pendidikan yang bukan hanya teori tanpa praktek seperti yang selama ini saya (dan sebagian besar penduduk Indonesia) mengalaminya. Apalagi sekarang yang penting nilai ujian tinggi dan bisa lulus (walau nilai Ujian Nasional yang dianggap lulus 4, sekian). Angka 4 yang mungkin menurut saya agak aneh karena dengan nilai 4 bisa lulus.
Para murid sekarang ini(dari yang saya baca2) diharuskan untuk mengikuti kursus2 tambahan di luar jam sekolah agar bisa memenuhi nilai 4, sekian itu.
Dari bacaan banyak murid2 yang stres dan merasa tertekan untuk sekolah. Ini kan aneh (ya gak? ) harusnya murid ke sekolah itu untuk belajar tidak untuk stress.

Kalo saya nanti (kalo punya anak, masih usaha dulu) saya akan cari alternatif sekolah yang tidak bikin anak2 saya stress tapi senang dan menikmati belajar.
Kemarin2 dengar di radio kalo ada sekolah yang belajarnya tidak dalam ruangan sekolah seperti saat ini tapi di alam (bukan promosi yah) sekolahalam.org

Disana murid di ajarkan dengan cara lebih membumi, ketika mereka di beri penjelasan tentang kodok, maka kodok hidup akan ada di depan mereka.
Penjelasan sejarah bisa juga lewat jagung (kalo gak salah jagung merupakan salah satu makanan pejuang/pahlawan)

Wah sepertinya sekolah disana asik sekali, tapi masih lama itu buat saya, yang penting usaha dulu :)

--
Andriansah

andri.andriani.web.id