On Fri, Jul 07, 2006 at 04:09:56PM +0700, syarifl wrote:

> Nah itu dia coba baca di thread sebelumnya, karena tidak berbentuk atau
> virtual, maka mau daftar voulenteer gimana? trus tanggung jawabnya apa?
> gimana boss?

wah ini menurut saya next. TODO list bisa dibuat. Panduan tata cara
untuk menjadi volunteer groups.or.id bisa dipikirin sambil nonton
final. Saya tahu teknis beginian perlu diatur, tapi menurut saya diskusi
kita masih dilevel menggugah 'kepedulian' hehehe kayak lsm aja.

> Saya lebih memandang voulenteer aplikasi open source lebih feasible daripada
> voulenteer untuk milis gratisan model begini... kenapa? karena aplikasi open
> source ada produknya paling tidak produk tsb. memberikan keuntungan bagi si
> pembuatnya atau minimal berhubungan dengan pekerjaan yang dia lakukan. atau
> paling tidak menambah point di CV pembuatnya.

Tidak masalah. Kalau tidak merasa ada 'insentif' yang cukup untuk
manajemen milis gratis seperti ini, ya ndak papa toh.. hehe karena yang
ditembak adalah membalik pikiran. Kalau saya programmer dan saya merasa
groups.or.id membawa manfaat, apa yang bisa saya sumbangkan dengan
kemampuan pemrograman saya? Memang, disini mungkin tidak laku, tapi
tetap saja dibawa pertanyaan: apa yang bisa saya kerjakan, bukan:
benefit apa yang anda mau kasih buat saya? Kuno yaa.. :-)

Dan kalau ide semacam ini dianggap sepi, ya ndak masalah juga :-)

> Wah kebalik tuh... Dasar pemikiran yang membedakan anda mengimplentasikan
> niat atau ide. Niat mau cari duwit, Dasar maling implementasinya yaa
> nyolong... Dasarnya programmer implementasinya yaa bikin program. Dasarnya
> tukang ojeg, yaa ngojeg...
>
> Si 'A' niat mau beribadah dia pergi ke Masjid, karena dasarnya seorang
> Muslim, lain halnya si 'B' niat mau beribadah dia pergi ke Gereja, karena
> dasarnya seorang Nasrani.

Pernyataan Anda benar, tapi analogi dari premis sebelumnya kurang tepat.
Kalau meminjam contohnya, Si A berniat membantu groups.or.id karena A
merasa bahwa groups mencoba memecahkan problem 'riil', dan ini baik.
Masalah kalau untuk ngebantu ini harus ngojeg, nah itu lain lagi. Level
berikutnya.

--
fade2blac