Kurikulum TL di sini, termasuk seluruh kurikulum engineering di
akreditasi sama independent board dari ikatan profesional dan
universitas lain (jadi bukan orang dalem yang jadi evaluator, yang
emang males berubah dan udah pake kacamata kuda).

Yang perlu diperhatikan dalam menjiplak kurikulum, dan ini hal yang
mejadi masalah, adalah NAMA MATA KULIAH BERBEDA DENGAN ISINYA !

Contoh :
Environmental Chemistry. di TL-ITB ada (Kimia Lingkungan), di sini
juga ada. Tapi isinya jauuuhhhh beda. di TL-ITB isinya ilmu purba yang
nggak berubah (dosennya males memperbaiki isi dan meng-up-date),
dimana di TL-ITB cuman dasar kimia air yang juga nggak cukup. (lebih
dalem lagi belajar Kimia Air (Aqueous Chem)...Mau tau lebih jauh
gue bisa ajarin analisis air, evolusi air, dll ? <Gue member ACS,
Group : Environmental Chemistry>

Biological Processes. di TL ada ? (ada di pengolahan AB, tapi kagak
ada detail analisisnya..mainin persamaan empirik jangkrik),
Microbilogy ? di TL ada tapi subject ini sangat pesat perkembangannya.
Metoda analisis baru, genetika, PCR, genetic recombination (e.g. GMO)
???...Mau gue posting tugas akhir gue mainin genetiknya EC ?

SEKALI LAGI : JANGAN TERTIPU NAMA ! (kayak nama TL, gede nama tapi isi
kosong !). Liat Sylabusnya, deskripsi kuliahnya. SATU LAGI : kriteria
penilaian harus ada dan jelas, objectivenya juga harus jelas.

Sebenernya dasar engineering terbaik TL itu ada di TK, 70 % di TK. 10
% cuap-2 "Lingkungan, dkk", 20 % sisanya urusan air dan gado-2 (udara,
sampah, dll).

Profesor TL bener-2 juangkrik ! Tanya deh ke mereka, mau bikin lulusan
kayak apa sih ? Jadi babunya PU ?

HarYonoP,

Member of IWA (IAWQ)
Member of IEEE
Member of ACS
Member of A...ada ajah...

Kuliah-2 gue di : Material Science, Computer Sci., Mech. Eng., Chem.
Eng., Geo., Biochem., Electrical eng., Chem., Math., Soil Sci.....dll

ANTON INDRA SUPRIATNA
PT. YAMAHA MUSICAL PRODUCTS INDONESIA
Jl. Rembang Industri I/36, Kawasan PIER Pasuruan
Phone   : + 62  343  740290
Fax      : + 62  343  740291
Email    : [EMAIL PROTECTED]