Enya meureun ieu pertanyaan teh maksudna mah keur ngahudangkeun urang Sunda

Sok atuh geura talungtik, kumaha carana supaya urang Sunda teh ulah kieu wae, sangkan bisa nangtung ajeg sarua jeung batur. Mun geus kapanggih, hayu urang babarengan tangtungkeun sing ajeg.

Kunaon nulis postingna ku bhs. Indonesia, heunteu ku Sunda..?
Mun bisa mah ku Sunda, meh katingali urang Sunda. Cenah didieumah teu kudu make undak unduk basa !

Ieu mah pangalaman kuring di Madura jeung babaturan urang Sukabumi. Di jalan teh rek neangan warung sangu (Madura) hog hag ngomong Sunda.
Aya nu nanya " Sunda na timana kang, abdi ti Tasik ! ",  " Seueur urang Tasik sareng Garut didieu mah !" Geuning loba urang Sunda di Madura teh. Mun teu ngomong Sunda mah moal nyaho di Madura loba Urang Sunda.

Emod Morales

http://emod.multiply.com  => Keur diajar nyieun Web, nurutan batur..! Sok ditoong HARATIS...! didagoan Saran jeung Kiritik nu ngawangun....!

amin mudzakkir <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Alhamdulillah email abdi seer nu ngarespons.
Abdi urang Sunda pituin, tapi punten bade nyerat ku bhs Indonesia. Otoritas mana nu ngedahkan bahwa urang Sunda kedah nyerat nganggo bahasa Sunda oge?

Justeru itulah, pertanyaan saya untuk menggugah orang Sunda tentang identitas dirinya. Identitas itu harus secara terus menerus diwacanakan dalam praktik sosial sehari-hari, didialogkan secara kritis, tanpa harus terbebani dengan klaim-klaim sejarah di masa lalu. Minggu kemarin saya datang ke acara diskusi tentang budaya Sunda yang diselenggarakan kang Acep Zamzam Noor Tasikmalaya. Tetapi saya kecewa. Hanya orang-orang tua yang dapat kesempatan bicara,  termasuk seorang akademisi berparadigma lama. Paradigma mereka tentang 'Kebudayaan' sangat bias-negara. Semuanya harus diurus negara, termasuk jenis-jenis seni pertunjukan Sunda. Dalam kondisi seperti ini, demikian saya katakan, bagaimana mungkin budaya Sunda menjadi alat kritik terhadap kekuasaan. Yang ada adalah hegemoni. Budaya Sunda hanya sekedar proyek dinas pariwisata dan budaya.

Selain itu, apa yang dibincangkan sangatlah elitis dan bangsawan. Seolah Sunda hanya bolah didefinisikan oleh para sesepuh, para raden, para inohong. Bagaiamana dengan generasi saya, generasi anak muda yang lebih memilih datang ke konsep Peter Pan daripada acara kesenian angklung? Mengapa bisa terjadi hal tersebut?

Dalam konteks yang lebih teoritis, kita harus menempatkan wavcana Sunda alam konteks perdebatan tentang wacana negara-bangsa (nation-state) yang sedang terkepung globalisasi dan kapitalisasi budaya. Sunda harus kembali kita ciptakan hari ini di sini. Definisi tentang Sunda harus kontekstual dan relevan dengan permasalahan kita sekarang. Saya bangga masih banyak orang yang mencintai kesenian sunda dan mengembangkannya. Tetapi, mari kita jadikan modal kultural tersebut agar tidak berhenti menjadi teks yang tertutup, hanya tontonan, tetapi untuk menggugah kesdaran kritis. Budaya harus berguna bagi komunitas pendukungnya. Ini tantangan bagi kita di tengah masyarakat yang sedang dimiskinkan, dimarginalkan, oleh sejenis kekuasaan yang entah apa.

Sakitu heula. Alhamdulillah abdi tos lulus ti UGM satun kalangkung. Insya Allah mulai sasih ieu damel janten peneliti di LIPI.

Hayu urang Sunda!!!

How low will we go? Check out Yahoo! Messenger’s low PC-to-Phone call rates.

Komunitas Urang Sunda -->
http://www.Urang-Sunda.or.id

Apakah Anda Yahoo!?

Apakah Anda Yahoo!?

Komunitas Urang Sunda --> http://www.Urang-Sunda.or.id

Corporate culture Business culture of china Organizational culture
Organizational culture change Organizational culture assessment Jewish culture

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke