Bughat itu bahasa arab, diterjemahkan ke bahasa Indonesia jadi
pemberontakan, pembangkangan, rebels dll.

Yang dimaksud dengan bughat adalah sekelompok orang yang berkumpul dan
memenuhi tiga aspek:
1. Menentang kekuasaan Negara, tidak mau menjalankan hak-haknya, tidak mau
mentaati undang-undang maupun menjalankan keputusan-keputusan kepala negara.
2. Memiliki kekuatan yang memungkinkannya untuk menguasai (negara).
3. Memisahkan diri. Makna dari memisahkan diri, mencakup aktivitas
pemberontakan bersenjata, mengakibatkan perang saudara, atau memunculkan
peperangan fisik di dalam negeri.

Kemudian biasanya ada penambahan keterangan, perbincangan mengenai bughat
ini dalam kerangka sistem pemerintahan Islam (Daulah Khilafah Islamiyah).
Padahal menurut Imam Ghazali suatu pemerintahan itu tetap sah walaupun
dipegang oleh seorang yang fasik.

Saya tidak ingin berperilaku "sekuler" dengan memisah-misahkan aturan-aturan
yang berlaku umum dan berkata bahwa itu kasus khusus hanya karena itu
menguntungkan posisi saya. Jika ada pemerintahan yang sah dan saya
membangkang dan melakukan pemberontakan bersenjata, jatuhlah hukum bughat
bagi saya. Apakah saya di Negara Islam Madinah, di Malaysia, di Indonesia
maupun di Amerika sekalipun.

Kembali kuncinya adalah berlaku adil, baik pada saat menjadi mayoritas
maupun ketika menjadi minoritas. Maka akan terlihat sebetulnya universalitas
nilai-nilai islami.

Wallahua'lambishowab.
Wassalam
Ary