Saya dulu waktu di SMA ikutan kelompok harokah bahkan ikut merancang
sejumlah kudeta untuk mengambil alih kepemimpinan di rohis (dulu SKI)
dan OSIS di sejumlah sekolah negri.

Tapi lama-lama saya jadi sadar sendiri mereka justru berbahaya terhadap
dakwah.Masjid tempat saya ikut aktif terkenal menerima siapa saja , termasuk
anak-anak gank/preman yang terkenal tukang mabok/berkelahi dll dulu
di Surabaya nyaris setiap kelurahan dikuasai gank tertentu jadi pakai
atribut gank kuat sudah pasti bakal tenang aja nggak bakal di palak .

Tapi ketika posisi mereka agak menguat , kondisi berubah , anak-anak
begituan tidak disambut lagi tapi malahan di cela dan di musuhi.Makanya
kemudian saya ambil sikap oposisi terhadap mereka .Alhamdulillah
waktu itu cukup berhasil ,  saya nggak tau sekarang tapi sampai sekarang
masjid tersebut tetap terkenal sebagai masjid satu-satunya di Indonesia
yang buka 24 jam.

Orang-orang harokah itu islam eksklusif yang sangat menekankan pada
perbedaan untuk memilah siapa yang teman dan mana yang lawan.

Jangankan pada yang perbedaannya besar semacam wak Nadri ,
terhadap yang perbedaannya kecil saja mereka nggak segan-segan
pakai cara kotor dan kasar untuk menjatuhkannya seakan-akan
dia itu preman paling busuk di dunia ini.Padahal orang yang mereka
serang , kafirkan dan maki-maki itu juga sholat , puasa , aktif di
organisasi islam dll.

Makanya kaum yang paling berbahaya bagi ukhuwah umat islam
itu adalah orang-orang harokah , karena mereka melihat segala
sesuatu dari sisi perbedaan yang seringkali di besar-besarkan .
Jangan kata di milis dimana milis-milis mereka paling hobby
mem-banned orang hanya karena masalah perbedaan pendapat,
bahkan mengkafirkan seseorang sudah seperti orang bernafas saja.
Di sejumlah negara mereka juga nggak segan-segan memberondong
jama'ah yang sedang sholat berjamaah dengan senapan mesin
atau bom hanya karena mazhab mereka beda.Jadi apa bedanya
mereka dengan si Goldstein.