Terus terang saya sering mengerenyitkan dahi membaca tulisan Dana,
meskipun akhir-akhir ini memilih untuk tidak berkomentar. Soalnya
selama ini jarang ada tulisannya yang bisa mencerahkan selain menambah
provokasi di atas provokasi.

Tetapi belajar dari kesabaran mas Ayeye, dan pilihan katanya yang
tepat dan menyejukkan, saya juga tertarik ingin menambah wawasan,
termasuk dari Dana.

Bung Dana, bagaimana Anda sampai pada kesimpulan-kesimpulan yang Anda
buat? Tidak bisa tidak saya sependapat dengan mas Ayeye, pernyataan
Anda bertendensi rasis dan melecehkan. Saya tidak punya kepentingan
langsung membela orang Arab, tetapi seharusnya Anda punya kepentingan
menjaga reputasi Anda sendiri.
Tolong dijelaskan bagaimana metode observasi Anda, apakah Anda pernah
langsung ke Saudi Arabia, berinteraksi dengan orang-orang "barbar"
tersebut, ataukah ada sumber-sumber informasi (buku, film dokumenter)
lainnya yang otoritatif?

Terima kasih.
DWS

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "a ayeye" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Terima kasih atas penjelasan.
>
> Mas Dana, pernyataan provokatif bisa memancing emosi dan notabene
perhatian manusia lain untuk subyek yang nanti bisa dibahas secara
lebih dalam dan rinci, sehingga dapat memperkaya wawasan. Tetapi
jangan lupa bahwa reaksi setiap manusia bisa juga beda. Jika tujuan
adalah pembahasan yang lebih komprehensip, maka kita langsung harus
berusaha dengan sebaik-baiknya, istilah sesuai kapasitas kita, untuk
memberikan penjelasan/pendapat yang layak.

> Tetapi apabila penjelasan tidak muncul-2 alias tidak memuaskan, maka
orang lain cenderung dan dengan cepat akan menganggapnya (hanya)
sebagai provokasi dalam arti negatip. Sayang kan? Apakah itu yang
diinginkan oleh Mas Dana?

> Soalnya terus terang, Mas Dana, pernyataan itu bukan hanya
provokatif, tetapi sudah bersifat rasis dan melecehkan, selain miring
total. Maka saya masih mengharap penjelasan yang lebih baik dari Mas
Dana. Tentu tidak memaksa, tetapi karena saya percaya bahwa Mas Dana
bisa berbuat jauh lebih baik :-)

> Salam,
> ayeye

> Maksud saya dengan pernyataan provokatif ini ialah marilah kita
> membedakan dan memilah budaya Arab dari agama Islam.
>
> Hukum rajam, hijab, dsb dapat juga dilihat dari sociological
> originnya di masyarakat Arab. Setahu saya Saudi Arabia itu sangat
> tandus budaya. Hasil karya seni apa yg mereka sumbangkan ke dunia
> saat ini? Kalau Indonesia kan banyak.
>

> --
> NEW! Lycos Dating Search. The only place to search multiple dating
> [...]

WM FOR ACEH
Bantu korban bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatra Utara!
Rekening BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Koperasi Sejati Mulia Pasar Minggu No
Rek. 554 001 4207 an. Herni Sri Nurbayanti.
Harap konfirmasi sebelumnya ke [EMAIL PROTECTED] atau HP 0817 149 129.

Milis Keluarga Islami mailto:[EMAIL PROTECTED]