Tidak pernah ada orang yang mau bikin agama campur aduk termasuk yang
bawa ideologi pluralisme , itu kan cuma tuduhan sepihak dari lawan mereka
saja.Ulil c.s itu kalau sholat tetap di masjid , nggak ikut pemberkatan di
gereja , atau ikutan meditasi di kuil .

Apa Dien Syamsudin itu ulama..?? koq dia bisa jadi sekjen MUI pada
kepengurusan lalu..??

Kriteria ulama di Indonesia itu sangat liberal tidak ada standarisasi dan
ukurannya.Tidak semua ustadz atau ulama dibolehkan memberi fatwa , ada
standar dan ukuran tertentunya dan itu tidak diterapkan di MUI.Keanggotaan
MUI pada dasarnya cuma perwakilan dari ormas islam di Indonesia , nggak ada
metode rekuitment tertentu disana jadi tidak pernah ada ukuran atau standar
siapa saja yang berhak jadi anggota MUI asalkan dapat rekomendasi dari ormas
asalnya , .Ormas Islam  menyodorkan nama lalu mereka pun ditempatkan disana,
dan penempatannya didasarkan kuota , dari NU berapa orang , dari
Muhammadiyah
berapa orang , dari Persis berapa orang dst.Tidak semua anggota komisi
fatwa MUI itu pernah punya pengalaman berada di komisi fatwa ormas
islam seperti majlis tarjih , bahsul masail , dewan hisbah , majlis tahkim
dll.
Penempatan mereka lebih karena channel dan hubungan tertentu daripada
proses rekuitment yang ketat.

FYI dibandingkan Mesir lembaga pencetak ulama di negara ini justru jauh
lebih banyak.Ormas Islam terbesar di Indonesia saja anggotanya lebih banyak
dari penduduk Mesir.