From: "H. M. Nur Abdurrahman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, July 30, 2005 2:54 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Tokoh Agama Mengutuk =-> 11 Fatwa MUI,
Mulai Imam Perempuan Hingga Liberalisme

> He-Man melawak:
> lucu juga , apa fatwa MUI ini nggak bakalan diketawain orang. Plural itu
artinya majemuk , pluralisme adalah paham yang menghargai dan menghormati
kemajemukan.
> -----------------------
> HMNA:
> Piuh, piuh, piuh, piuh, piuh, piuh, piuh, (7x), hebat, hebat, hebat,
He-Man, yang menganggap dirinya lebih fintar dari MUI, karunya ! Ibarat
pungguk menilai bulan.
> Pluralisme BUKAN HANYA SEKADAR paham yang menghargai dan menghormati
kemajemukan. Teologi pluralisme, nyaeta melihat agama-agama lain dibanding
dengan agamanya sendiri dalam rumusan: other religions are equally valid and
there will be no truth claim sareng salvation claim, artinya kagak boleh
memonopoli kebenaran agama dewe. Itulah yang difatwakan haram oleh MUI.
Emangnya MUI seperti He-Man yang tidak bisa bedakan antara pluralitas dengan
pluralisme ?!
> ***
> Keberagaman (= pluralitas, bukan Pluralisme) yang menjadi kenyataan
sebenarnya tidak memerlukan teori berkualitas "wishful thinking" ala John
Harwood Hich, Ibnu Arabi, ataupun Fathimah cs dari Utan Kayu. Firman Allah:
> -- LKM DYNKM WLY DYN (S. ALKFRWN, 6), dibaca: lakum di-nukum waliya di-n,
artinya: Untuk kamu agamamu, dan bagiku agamaku. Keberagaman sebagai suatu
kenyataan harus disikapi dengan kesadaran dan kesepakatan dalam hal adanya
perbedaan, bukan integrasi. Dalam bingkai kesadaran perbedaan yang tidak
mungkin berintegrasi itu, mari kita hidup rukun dan damai terhadap pemeluk
agama mana pun. Selama mereka berbuat baik kepada kita, kita balas dengan
adil yaitu dengan kebaikan pula, ataupun kalau sanggup dengan ihsan, yaitu
kita balas yang lebih baik. Selama mereka tidak mengusik / merusak agama dan
memerangi kita, selama itu pula kita pantas menjaga perdamaian dan
kebersamaan. [dicuplik dari Seri 609, berjudul: Pluralisme, Teori / Konsep
vs Lapangan, bertanggal 11 Januari 2004].