Sri Langka dan Cambodia. Terutama Cambodia (dari kerajaan kuno
Champa). Beberapa bulan kemaren mengikuti pelatihan dengan orang-
orang Kambodia.  Hehehe...kita langsung akrab, biarpun mereka nggak
bisa bahasa Inggris. Cuma liat-liatan dan pake bahasa mimik gerak
jari. O,ya saling mengagumi batik yang kita pake masing-masing.

Tapi kalo soal teknik tradisional bikin batik, nggak ada yang
ngalahin Jawa.

Ini soal paten-patenan bikin pusing. Masak hasil kultur tradisional
dipateni, ini DP pendekar HAM gimana komentarnya? Saya nggak tau
hukum paten internasional itu gimana untuk produk kultur tradisional
yang bukan inovatif seperti obat dan teknologi? Nyeseknya lagi, temen
saya beberapa tahun lalu ikut riset batik dari ujung Timur Jawa ke
ujung Barat, dengan dana investor asing.  Nggak taunya ini untuk
dipateni di negeri asal mereka?  Mbok, apa nggak nyesek kita? Etika
CSR-nya dimana disini? Tuluuuung HAM.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Dana Pamilih"