From: "eneng fauziah" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, September 11, 2005 6:17 AM
Subject: Balasan: [wanita-muslimah] PRO Eneng.15
Organisasi Mahasiswa Tolak
"Kekerasan Agama"

> [...]
>
> Fedhly Averouss Bey - detikcom
>
> Jakarta - Kabar telah terjadi perusakan gereja di
> wilayah Jawa Barat membuat Badan Intelijen Negara
> (BIN) turun tangan. Setelah dilakukan pengecekan
> lapangan, BIN mengambil kesimpulan, laporan KWI dan
> PGI kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
> hanya isapan jempol belaka.
>
> "Saya tegaskan, tidak ada yang namanya perusakan
> tempat ibadah sampai saat ini. Kita sudah cek, jadi
> jangan memberikan laporan yang tidak ada buktinya,"
> kata Kepala BIN Syamsir Siregar kepada detikcom di
> sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR
di
> Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2005).
>
> Menurut Syamsir, yang ada hanyalah perusakan rumah
> tinggal yang dijadikan tempat ibadah. BIN pun
meminta
> jangan sampai ada pihak yang memberikan informasi
yang
> [...]
> tidak ada pembakaran. Siapa yang membakar, tunjukkan
> buktinya, jangan mengarang-ngarang saja," tegasnya.
>
> Untuk kasus di Jawa Barat, menurut Syamsir, saat ini
> sudah diselesaikan. Mereka yang bertikai saat ini
> telah menyelesaikan kasus ini secara damai.
> "Masyarakat sudah bertemu dan berdialog dan sekarang
> sudah selesai," imbuhnya.
>
> (jon)
> --- abdul latif <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
>

> ---------------------------------
> Bismilahirrahmanirahiim
> Hidup dalam bermasarakat informasi dan keterbukaan
ini
> jangan selalu disalahkan selalu pihak orang lain,
> lebih baik menyalahkan pihak kita
sendiri(introspeksi)

> Misalnya, Pimpinan perusahaan mobil Toyota Japan,
> pertama tama mobilnya kurang laku di pasaran Asia,
> kemudian Direktornya memberi nasehat kepada
> pegawai2nya, jangan disalahkan Amerika, tapi mari
kita
> introspeksi diri kita,menegement kita, quality mobil
> kita dll.Dengan cara memperbaiki image dan quality
> mobil Japan, dalam beberapa tahun saja mobil Japan
> dapat menguasai pasaran Asia dan bahkan pasaran
> amerika sendiri. Cara beginilah yang smartest)
>
> Ini perlu kita renungkan. Kita selalu mencari
kambing
> hitam, tidak pernah mengintrsopeksi diri sendiri,
> selalu merasa BENAR SENDIRI, inilah kelemahan2 fatal
> ulama2 Islam.
>
> Kalau ada pemuda2 atau anak2 yang murtad, bukan
> kesalah pihak Nasrani, tapi adalah kelasalahan2
orang
> tua dan ulama2 yang tidak pernah meningkatkan
quality
> umat islam baik moral maupun materi(kesejahteraan
> umatnya).Umat mejadi lemah ekonomi maka mudah
menjadi
> kufur dan murtad.Sudahdingatkan oleh Allah dalam Al
> Quran, tapi ulama2 islam kebanyakan tutup mata.
>
> Jadi dalam alam informasi dan demokrasi maka manusia
> adalah objek dari setiap agama untuk menarik kepada
> manusia ke golongannya. dan kedua golongan agama ini
> sama sama mempunyai tugas untuk menyampaikan pesan2
> dari agama masing2. Ulama2 islam di amerika bebas
> untuk menarik umat nasrani masuk islam, bebas
> mendirikan mesdjid2 dan bebas berdakwah.
>
> Sesungguhnya sama sama cucu2 nabi Ibrahiim, mesti
kita
> bersaudara dan hidup dengan damai saja. Kalau ada
> golonga nasrani yang masuk islam yaaa itu adalah
> kehendak Allah, begitu pula sebaliknya kalau ada
> orang2 islam yang masuk Nasrani itu adalah seizin
> Allah.Kita tidak boleh marah2, semaunya Allah akan
> ciptaannya.
>
> Karena kita semua adalah di kontrol oleh Allah swt.
> Tidak bisa manusia mengontrol manusia, kecuali
dengan
> kekerasan dan senjata, itupun tidak bisa sukses.
> Lihatlah negara2 komunis, Iran dan saudi Arabia,
semua
> serba tertutup akhirnya masarakat menjadi miskin.
>
> Rasulullah saw hanya diberi tugas oleh Alah untuk
> menyampaikan wahyu2 Allah saja, bukan untuk memaksa
> manusia masuk kedalam agamanya. Demikian, semoga ada
> manfaat responndari saya ini. Wasaalam
>
> eneng fauziah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mahasiswa ini memang bagus gerakannya, tapi ..disisi
> lain membingungkan. Padahal sudah jelas dalam aksi
itu
> tidak ada tindak kekerasan. Bahkan polda jabar sudah
> meyakinkan bahwa di lapangan tidak ada tindak
> kekerasan. Yang ada hanyalah, masyarakat dan AGAP
> berbuat seperti itu, karena sudah kesal,..banyak
> saudara se-iman dan se-isalam kita yang
> diMURTADkan...dan semakin liarnya tempat-temapt
ibadah
> nashrani di dirikan.
> Dan pemutadan itu pun dilakukan baik dengan cara
halus
> maupun cara kasar. Kebetulan korbannya adalah
pembantu
> tetangga saya dan teman dekat saya.
> Disini saya menemukan empat kasus, yang
> terang-terangan terjadi di depan mata saya.
> Yang pertama, sewaktu saya masih tinggal di LIPPO
> Karawaci. Ani, yang menjadi servent di depan rumah
> saya , sama sekali ngga boleh keluar rumah. Setiap
> kali juragannya mau pergi, pintunya pasti dikunci.
Dia
> ngga boleh sholat dan ngaji, juga ngga boleh
dengerin
> adzan ataupun dengar lagu-lagu kasidah. Dia hanya
> boleh dengerin lag-lagu nashrani dan ceramah dari
para
> pendeta. Bahkan mukena-nya pun di buang entah
> kemana..selain itu Ani tak boleh berbicara dengan
> siapapun, juga menerima telpon dari siapapun.
> Otomatis,  dia ngga bisa berkutik. Dia menahan diri
> selama satu tahun di perlakukan seperti itu. Setiap
> malam dia selal u menagis, karena takut, bosan dan
> jenuh. Tapi, setiap kali dia keliatan nangis, maka
> saat itu pula dia akan di damprat habis-habisan dan
di
> suruh denger ceramah lagi. Sampai dia kabur ke rumah
> saya. Dan minta di cariin kerja di tempat yang lain.
> Dan yang ke dua, namanya Risa. Sama-sama pembantu
> tetangga saya juga. Nah kalau dia, dia di paksa
untuk
> ikut ke gereja setiap hari minggu. Dia selalu di
> ceramahi, bahwa " agama keristen itu adalah agama
> pembawa perdamaian dan mendunia (yang beragama
> keristen itu keren-keren dan kaya-kaya), kalau kamu
> termasuk kedalam golongan kita, kamu punya martabat
> lebih daripada saudar-saudara kamu yang lainnya,
> selain itu dengan masuk agama kita, kamu akan mudah
> masuk syurga,...". Ngga itu aja, dia di suruh nonton
> kesaksian orang-orang islam yang masuk keristen.
Yang
> lagi pada histeris, katanya menyesal kenapa ngga
masuk
> keristen dari dulu. Bahkan,mereka meminta Risa untuk
> mengajak saudara-saudaranya masuk agama keristen,
> dengan mendatangi satu persatu keluarganya ke
cianjur,
> sambil memberi beberapa dus indomie, beras, susu dan
> lain sebagainya.
> Yang ketiga, teman yang tinggal di jakarta pusat
baru
> bercerai. Dia punya anak tiga. Dia waktu itu sedang
> butuh uang, karena anaknya butuh biaya untuk masuk
> sekolah. Dia pijam sana-sini kebetulan tetangganya
pun
> sedang sama-sama butuh untuk bayar sekolah juga.
Dalam
> kondisi kebingungan seperti itu, ibu X datang. Dia
> begitu baik dan manis, menanyakan kesullitan yang
> sedang dialami. Dan ternyata di luar dugaan, Ibu X
mau
> membantu untuk meringankan semua beban yang sedang
di
> tangung oleh teman saya. Teman saya di pinjami uang
> yang besar sekali, tanpa bunga. Pada awalnya, teman
> say a ngga mau nerima, karena dia takut ngga bisa
> mengembalikan pinjaman tersebut. Tapi dengan lembut
> Ibu X, bilang.." ngga usah khawatir,..pake aja dulu,
> kalau udah ada, baru di kembalikan..". Singkat
cerita
> sebulan setelah kejadian itu, ibu X datang untuk
> menagih hutang. Terang aja teman saya gelagapan,
> karena dia pikir ngga akan di tagih secepat itu. Dan
> sudah pasti dia ngga punya uang. Ibu X,memang ngga
> marah, dia memang terlihat sangat baik dan sabar
> mendengarkan alasan yang disampaikan teman. Malah
dia
> bilang, ngga di bayar juga ngga apa-apa,
> asal.........." dia dan anak-anaknya masuk
> keristen...". Dia mengeluarkan berkas-berkas yang
> harus di tandatangani, sebagai perjanjian, bahwa
teman
> saya harus ikut kebaktian setiap hari minggu. Dan
> anak-anaknya di wajibkan ikut sekolah minggu. Kalau
> tidak mau menandatangani,..maka dia akan di laporkan
> ke Polisi. Katanya.." kamu akan di penjara..". Teman
> saya di suruh milih,..'penjara'..apa..'anak'. Teman
> saya minta waktu untuk berpikir. Tapi ibu X ini
tidak
> mau memberi waktu sedikitpun. Dia mau keputusan itu
di
> buat saat itu juga,..kalau ngga??...
> Akhirnya karena bingung,..teman saya mau
> menandatangani perjanjian tersebut. Karena dia takut
> masuk penjara. Kalau masuk penjara, anak-anaknya
ngga
> akan ada yang ngurus, orang tuanya sudah tak ada-
> saudara-saudaranya berada di luar jawa. Malah
> kemungkinan besar, anak-anaknya akan tetap di
masukan

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0905/10/0301.htm

> 15 Organisasi Mahasiswa Tolak "Kekerasan Agama"
> Aparat Kepolisian Diminta Bertindak Tegas
> BANDUNG, PR).-
> Sebanyak 15 pimpinan organisasi kemahasiswaan lintas
> agama yang tergabung dalam Aliansi Kerukunan Umat
> Beragama (Akur) bersama massa masing-masing,
menggelar
> aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Jabar, Jumat (9/9).
> Aksi digelar untuk menggugat tindakan kekerasan dan
> intimidasi terhadap komunitas agama tertentu.
>

>      PARA aktivis yang tergabung dalam Aliansi
> Kerukunan Umat Beragama (AKUR) mendatangi kantor
DPRD
> Jabar di Jalan Diponegoro Bandung, Jumat (9/9).
Mereka
> menyatakan tindakan kekerasan dan intimidasi
terhadap
> komunitas agama tertentu adalah tindakan kriminal
dan
> melanggar hukum.*ANDRI GURNITA/"PR"
> Ke-15 pimpinan mahasiswa itu antara lain berasal
dari
> Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung,
> Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII),
Gerakan
> Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Perhimpunan
> Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI),
Gerakan
> Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Jaringan Kerja
> Antarumat Beragama (Jaka Tarub) Jabar, dll.
>
> Beberapa perwakilan pengunjuk rasa sempat diterima
> oleh Komisi E DPRD Jabar yang dipimpin Ketua Komisi
> Nur Supriyanto, untuk menyampaikan agenda tuntutan.
> Sementara itu, puluhan rekan-rekan mereka melakukan
> orasi dan penyebaran pamflet di halaman Gedung DPRD
> Jabar.
>
> Mereka juga mengusung berbagai tulisan yang mengecam
> aksi kekerasan dengan mengatasnamakan agama. Dalam
> orasinya, beberapa perwakilan pengunjuk rasa
> menyatakan, tindak kekerasan terhadap kelompok
berbeda
> pandangan dan keyakinan sangat kontraproduktif
dengan
> etika kehidupan beragama yang semestinya menghormati
> kemajemukan.
>
> "Pemerintah seharusnya berdiri di atas semua
golongan.
> Tidak ada diskriminasi mayoritas maupun minoritas,"
> kata Ketua Umum HMI Cabang Bandung, Fresa Ranggawa.
>
> Tindak tegas
>
> Mencermati kenyataan di beberapa daerah di Jabar,
Akur
> menilai aparat kepolisian tidak bertindak tegas dan
> sigap kepada kelompok-kelompok yang melakukan
> tindakan, yang dinilai Akur, telah melanggar hukum.
>
> "Hal ini mengesankan aparat ragu dan 'membiarkan'
> pelaku tindak kriminal. Kejadian ini seperti ingin
> menegaskan lemahnya supremasi hukum," kata
Koordinator
> [...]
> dalam hal ini kepolisian, menindak tegas pelaku
> kekerasan dan intimidasi terhadap beberapa umat
> beragama."
>
> Negara, lanjut Akur, memiliki tanggung jawab
> melindungi semua warga negara menjalankan ibadahnya,
> tanpa terganggu oleh pihak yang sengaja digerakkan
> segelintir orang yang ingin terjadinya benturan
> antarmasyarakat (konflik horisontal).
>
> Akur juga menyerukan semua pihak untuk kembali
> melakukan aktivitas beribadah dan aktivitas lainnya
> seperti sedia kala di tempat semula, mengingat semua
> itu dijamin UU Nomor 39/2999 tentang Hak Asasi
Manusia
> (HAM).
>
> "Akur menolak kelompok yang mengatasnamakan agama
> tertentu untuk menyesatkan pemahaman dan keyakinan
> kelompok di masyarakat untuk 'mengambil alih
otorita'
> Tuhan," kata Dindin A.G.(A-64)***

removed]

> Milis Wanita Muslimah
> Membangun citra wanita muslimah dalam diri,
keluarga,
> maupun masyarakat.
> ARSIP DISKUSI :

> Berhenti
> mailto:[EMAIL PROTECTED]
> Milis Keluarga Sejahtera
> mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
> Milis Anak Muda Islam
> mailto:majelismuda@yahoogroups.com
>
> This mailing list has a special spell casted to
reject
> any attachment ....

> [EMAIL PROTECTED]
>
>    Your use of Yahoo! Groups is subject to the
Yahoo!
> [...]
keluarga,
> maupun masyarakat.
> ARSIP DISKUSI :

> Berhenti
> mailto:[EMAIL PROTECTED]
> Milis Keluarga Sejahtera
> mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
> Milis Anak Muda Islam
> mailto:majelismuda@yahoogroups.com
>
> This mailing list has a special spell casted to
reject
> any attachment ....

> Women Different religions beliefs Islam Muslimah

> [EMAIL PROTECTED]
>
>    Your use of Yahoo! Groups is subject to the

removed]

> [...]
> mailto:[EMAIL PROTECTED]
> Milis Keluarga Sejahtera
> mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
> Milis Anak Muda Islam
> mailto:majelismuda@yahoogroups.com
>
> This mailing list has a special spell casted to
reject
> any attachment ....

> [EMAIL PROTECTED]
>
>    Your use of Yahoo! Groups is subject to the
Yahoo!
> Terms of Service.

> Anda ber-Yahoo!?
> Bosan dengan spam? Mel Yahoo! memiliki perlindungan
spam yang terbaik
> http://my.mail.yahoo.com/
>

> Milis Wanita Muslimah
> Membangun citra wanita muslimah dalam diri,
> [...]
mailto:[EMAIL PROTECTED]

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/aYWolB/TM