Soal kenapa disebut UU Perkawinan, karena emang dari sononya, diberi
judul ma DPR (duluuu) UU Perkawinan. Soal perdebatan kata 'kawin dan
nikah' itu udah basi.. maksudnya dah biasa dng membandingkan dng
binatang. But, itulah DPR. Ributnya soal kata aja. Contoh aja, ada
ketakutan di DPR thd kata 'kebebasan'. Gara2 ketakutan ini, judul RUU
Kebebasan Memperoleh Informasi Publik diusulkan utk diubah menjadi
RUU Memperoleh Informasi Publik. Itu soal diksi atau pemilihan kata
di DPR.

Tapi kalau kita mau diskusi soal perdebatan yg terjadi di DPR ketika
membahas UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974 itu, latar belakang pemikiran
pembuat UU kala itu, mungkin ini jadi isu yg menarik. Konstelasi
politiknya saat itu, discourse analysisnya, bla bla bla..
Dibandingkan dng kondisi saat ini, perbedaan interpretasi mengenai UU
itu, konstelasi politiknya (baik di DPR maupun di luar DPR), respon
DPR mengenai draft amandemen UU Perkawinan yg diajukan oleh kelompok
perempuan, dll. Bung yos bisa cari buku mengenai sejarah pembahasan
UU Perkawinan ini dibuku yg ditulis oleh wila candra (kalo gak salah
namanya itu). Saya kemarin nyari tuh buku di rumah gak ketemu euy..:(
Padahal itu penting banget.

Mungkin akan lebih bermutu diskusinya, bila dibandingkan dng hanya
membahas kata perkawinan dan pernikahan saja...:-)

wassalam,
herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> wah-wah repot,
>
> Gini lho mas....dimas yang terhormat.....gini lho mas maksud
saya....anda kan ceritanya jadi ustadz gitu....ceritanya kan anda
berani ngritik Agama Islam ( coba buka tulisan-tulisan anda yang
kemarin ) ....nah kalau menurut konsep Mbak Chae harusnya anda itu
mampu memberi teladan kepada teman-teman yang lain gitu....sebelum
anda mengritik orang lain atau suatu sistim apalagi agama Islam
sebaiknya anda bercermin dulu begitu lho dimas.....kan saya hanya
mengingatkan saja......

> Istri / wanita itu adalah baju bagi suami dan suami adalah baju
bagi istri....indah banget tho bagaimana Islam mengambarkan hubungan
suami istri......lalu....istri adalah ladang bagi suami...saya kira
juga sebaliknya suami juga ladang bagi istri.....artinya dari kedua
firman Allah diatas bisa ditarik kesimpulan bawa seorang pria yang
sudah wajib nikah tapi enga mau nikah berarti kan TELANJANG ( karena
tidak punya istri / baju )......kemudian pria/suami itu kan dikarunia
CANGKUL oleh Allah untuk mencangkul ladangnya ( istri ) ..lha kalau
cangkulnya tidak digunakan bagaimana....jadi....seorang pria yang
sudah wajib nikah tapi tidak mau nikah kalau diibaratkan seorang
petani adalah.....

> PETANI YANG TELANJANG ( karena tidak punya istri/tidak punya baju )
DAN TIDAK PERNAH MENGGUNAKAN CANGKULNYA..( cangkulnya jadi
karatan ).....kan saya kasihan.....saya harap dimas HE-MAN yang wise
dong...coba pikirkan dengan kepala yang dingin dan hati yang
asyik....anjuran saya itu kan tidak jelek dan tidak menjerumuskan
anda malah anjuran saya itu kan menambah pahala anda kalau anda
lakukan......hiya engga?!

O hiya dimas....insyaAllah saya sudah tahu nama UU Perkawinan
itu.....silahkan dimas baca kalimat saya yang terakhir...." saya
lebih suka menggunakan nama pernikahan ", saya lebih suka menyebut UU
itu adalah UU Pernikahan dibandingkan menyebut UU
Perkawinan.....karena kucing itu kawin, gajah juga kawin, dan...juga
kawin....

> salam.
>
> Jaka Sembung,  ABG MBA  ( Akal Bagong Genthong, Multilevel Bisnis
Akherat )

> Note:
>
> Dimas ...diatas langit masih ada langit.....jangan sombong ach
tentang reproduksi female...nanti kalau saya sombong telah berapa
ribu wanita yang telah saya selamatkan organ reproduksinya dam
insyaAllah lewat saya mereka terselamatkan ( semoga Allah melindungi
saya dari setan terkutuk )  ...kan jadi repot...kita jadi sombong-
sombong an....jadi fir'oun, jadi setan...akhirnya engga jadi
pahala...nah kita harus selalu waspada dengaan diri kita...dengan ego
kita harus hati-hati....