From: "D'Laudza" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Friday, October 14, 2005 11:57 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Kang Jalal: Dahulukan Akhlak di Atas Fikih

> mungkin kang jalal perlu masuk lebih dalam pada kaedah ushulnya.. karena
bagaimanapun dalam kaedah ushily ada dasar2 yang menjadi asas bagi semua
kodifikasi hukum fiqh, yakni darury, haji'i dan tahsiny (ini menyangkut
ahlaq), bukankah ilmu fiqh secara historis pada mulanya adalah al-ilmu
al-qubra dan memang dalam perjalanannya fiqh selalu menjadi barometer bagi
semua semua af'alul mukallifin dalam islam, terlepas dari adanya kolaborasi
fiqh dengan kekuasaan.

> dan mungkin kang jalal perlu mengkaji ulang tentang ilmu hukum, dimana dia
nanti akan dipelajari tentang urgensitas hukum termasuk fiqh dimana setiap
manusia sejak lahir sampai meninggal sekalipun selalu terkait dengan hukum,
terlepas dari persepsi kang jalal tentang fiqh. atau memang ada kemauan kang
jalal untuk mengenyahkan kepastian hukum (termasuk fiqh dengan hanya semata2
pada toleransi) dari bumipertiwi tercinta ini yang jelas2 menganut sistem
continental european law atau yang lebih dikenal dengan sistem hukum eropa
kontinental..

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM