Produser film The Message terbunuh di Amman

  Bagaimana nasib pembuatan film tentang Saladin?

  Kelihatannya, lingkaran kekerasan yang berlangsung terus menerus sejak
peristiwa 11 September, perang di Afganistan dan Irak, telah
menghantarkan nilai-nilai kemanusiaan jatuh kedalam kondisi dimana
banyak orang-orang Muslim cemerlang menjadi korban.

  Serangan bom brutal di Amman beberapa hari lalu telah membunuh puluhan
masyarakat sipil, termasuk salah satu ikon dalam dunia Islam, Mustafa
Akkad, produser film yang sangat menomental, The Message. Film ini
mengisahkan secara relatif fair dan dengan cara yang komprehensif
sejarah Islam di masa-masa kenabian.

  Mustafa dan anak wanitanya, Rima Akkad, tengah menghadiri sebuah
undangan pernikahan di Hotel Radisson, tempat dimana serangan bom bunuh
diri dilakukan. Rima meninggal seketika sedangkan Mustafa meninggal dua
hari kemudian di rumah sakit.

  Pada awal kariernya, Mustafa memproduksi dan sekaligus menyutradari
film-film yang mengisahkan para pahlawan Islam. ‘The Message’ (1977)
menceritakan tentang sejarah Islam awal, sedangkan ‘Lion of the
Dessert’ (1981) yang dibintangi oleh Anthony Quinn, menceritakan kisah nyata
pemimpin Badui, Omar Mukhtar, yang berperang melawan penjajah Mussolini
dan tentaranya di gurun-gurun Libia.

  Mustafa Akkad yang lahir 1935, didalam membuat The Message, telah
berkonsultasi dengan para ulama dan berhasil mengatasi hal-hal sulit
dalam membuat film tentang Nabi Muhammad saw. Ini termasuk bagaimana
cara agar tidak memperlihatkan bayangan Nabi saw dan para sahabat yang
kelak menjadi Khulafaurrasyidin. Dia melihat bahwa film adalah salah
satu cara untuk menjembatani dunia Islam dan dunia Barat.

  Dia berkata pada suatu wawancara di tahun 1976, ‘Saya membuat film itu
karena hal itu merupakan satu hal penting bagi saya. Disamping sebagai
sebuah film (biasa), ia juga menyimpan sejarah dan dramanya sendiri.
Juga ada sesuatu yang yang sangat pribadi. Sebagai seorang muslim yang
hidup di Barat, saya merasa bahwa adalah tugas saya untuk berkata yang
benar tentang Islam. Ini adalah agama yang dianut oleh lebih dari 700
juta orang, tetapi orang mengetahui serba sedikit tentangnyalah yang
membuat saya surprise. Saya berfikir bahwa saya harus menceritakan satu
kisah yang dapat menjembatani dengan dunia Barat’.

  Mustafa sedang membuat film tentang Saladin ketika dia terbunuh di
Jordan. Tentang film ini, dia berkata, ‘Saladin itu layaknya seperti
potret Islam. Sekarang ini, Islam adalah potret dari agama teroris.
Hanya karena beberapa orang adalah teroris, maka seluruh orang Islam
juga seperti teroris. Jika pernah ada perang agama yang penuh dengan
horor, maka itulah Perang Salib. Tapi Anda tidak bisa mengutuk agama
Kristen karena petualangan segelintir dari mereka di Perang Salib itu.
Inilah pesan yang akan saya bawa’.

  May Allah grant Moustapha Akkad and his daughter Rima maghfirah, and
may He grant his family the patience to endure this tragedy that is a loss
for all of us.

  http://www.islamicity.com
  sumber: http://www.nu-uk.org/modules.php?name=News&file=article&sid=168

Ungkapkan opini Anda di: