Kalau merujuk kepada parameter yg dikemukakan daniel dhakidae dlm
bukunya, ada 2 parameter utk menilai kinerja DPR. Pertama, soal
kepekaan politik. Kedua, soal kemampuan teknik. Yg kedua lebih fokus
pada kinerja fungsi2 DPR, budgeting, pengawasan dan legislasi.
Sementara yg pertama, lebih pada posisi dan tanggung jawab (serta
'moralitas') mereka sbg representasi politik rakyat dlm menangkap
situasi politik bangsa. Jadi tidak bisa secara serta merta memberi
angka pada rapor DPR hanya berdasarkan pada satu unsur/satu kasus saja
:-)

Yg mungkiiin juga menarik adl bagaimana mereka melihat dan
menyelesaikan persoalan moralitas ini. Saya kira, partai yg sama yg
anda maksud (kalau saya tidak salah menebak :P), menilai persoalan
"moralitas" di DPR lebih pada individunya (anggota DPR) yg mengalami
pengikisan moral, tanpa mengindahkan persoalan sistemik sbg penyebab
dari 'buruknya moralitas'. Kalau gitu, bisa aja bilang koruptor adalah
orang yg imannya lemah tanpa menelusuri faktor2 yg membuat 'iman'nya
menjadi lemah :-) Apa dampaknya dlm tubuh partai? Pada pembekalan yg
diberikan partai kepada para kader2nya di DPR, hanya mendorong
anggotanya utk 'menguatkan iman' kalo udah di DPR tanpa memberikan
bekal yg cukup thd persoalan2 sistemik di DPR yg perlu diselesaikan.

Sementara utk studi banding itu sendiri kayanya sih udah dibicarakan
di berbagai milis.

wassalam,
herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "ariel" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

in case jalan2 ke Mesir ini **s (huehehe biar ga disebut kampanye:))
layak dapat kredit point lah. Tapi saya sepakat dengan mas Arcon
masih long way to go dan tentunya wajar bila dikritisi (dan jangan
alergi juga).