ada tanggapa yang pas buat postingan berikut?

satriyo

---------- Forwarded message ----------
From: ade armando <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Dec 21, 2005 9:07 AM
Subject: [sd-islam] Mari ucapkan Selamat Natal!
To: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED],
[EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED],
[EMAIL PROTECTED]

Teman-teman.
Umat Kristen/Katolik beberapa hari lagi akan merayakan Natal.
Saya beragama Islam dan saya ingin mengajak teman-teman yang beragama Islam
untuk pada 25 Desember nanti memberikan dan mengucapkan Selamat Natal pada
rekan-rekan Kristen/Katolik.
Ini adalah tindakan sederhana yang mudah-mudahan akan bermakna bagi
pembangunan Indonesia yang beradab.
Selama ini memang ada  kampanye untuk tidak mengucapkan Selamat Natal, di
kalangan umat Islam.
Setelah saya pelajari, larangan itu tidak berdasarkan AlQuran, Hadits maupun
kesepakatan ulama.
Di Indonesia pun, TIDAK PERNAH ADA FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA YANG
MELARANG UMAT ISLAM MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL!
Selama ini, ada kesalahan persepsi bahwa mengucapkan Selamat Natal adalah
haram, yang sangat mungkin terjadi akibat upaya sengaja dari kalangan
berpikiran sempit untuk merenggangkan hubungan antara umat Islam dan
Kristen/Katolik, atau mungkin juga karena sekadar kecerobohan logika.
 Pengharaman selamat Natal hanya keluar dari ulama-ulama Arab Saudi yang
memang konservatif -- sebuah negara milik kerajaan Saud yang mengharamkan
pendirian gereja dan melarang wanita menyetir mobil!
Karena Indonesia bukan Arab Saudi, fatwa itu tidak ada artinya di sini!

Ajakan ini saya sampaikan agar hubungan antar umat yang secara bertahap
sudah menjadi semakin buruk, bisa bersama-sama kita perbaiki.
Bila kita ingin memeproleh sebuah Indonesia yang damai, sejahtera, beradab,
setiap dari kita harus memberikan kontribusi.
Sebuah ucapan Selamat Natal akan membantu mengikis kecurigaan, akan membuat
orang berbahagia, akan mendorong orang untuk saling menerima, akan
membuat kita saling menyayangi.

Salam

ade armando

    [EMAIL PROTECTED]<[EMAIL PROTECTED]>

   -  Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service<http://docs.yahoo.com/info/terms/>
   .