Masya Allah,

Mas HoUdE, bisa dipertanggungjawabkan? Jadi maksudnya agar jangan salah
memilih buku, agar tidak tersesat dalam memilih buku. Apa ulama besar
sekaliber Imam Ja'far Shadiq juga sesat? Jangan-jangan kasus-kasus seperti
ini lambat laun akan terus melebar. Jika Imam Ja'far Shadiq saja tulisannya
sudah dianggap sesat, bukan mustahil sebentar lagi Imam al-Syaukani juga
akan mengalami hal sama, apalagi beliau termasuk salah satu ulama yang hidup
di tengah-tengah syiah, jelas-jelas tokoh ulama 'itrah (ahlulbait), dan
sangat dihormati dan disegani oleh kalangan Syiah. Dalam list ini juga masuk
nahjul balaghah yang merupakan kata-kata hikmah dari Ali ibn Abu Thalib dan
dikumpulkan oleh Syarif al-Radhi. Sesatkah mereka? Saya memohon ada alasan
pertanggungjawabannya yang jelas daripada menyebar-nyebarkan fitnah semacam
ini.

Ini betul-betul fenomena yang sangat aneh dan mengherankan. Pada saat
kerenggangan dan perpecahan begitu lebar, orang-orang berjuang untuk segera
mengakhirinya. Bahkan al-Azhar sudah sejak era Grand Syaikh Makhluf Hasanin
melakukan pendekatan-pendekatan ini hingga pada beberapa masa selanjutnya,
fiqih syiah istna 'asyariyah, diakui dan dimasukkan ke dalam kurikulum
perbandingan mazhab fiqh di Fak. Syariah. Satu-satunya kelompok yang masih
sukar untuk menerima apalagi melakukan pendekatan-pendekatan ini adalah
sebagian besar dari ulama-ulama Saudi. Makanya ketika saya beli muraja'at
yang buku kecil tipis itu 12 LE, membeli bantahannya yang dua juz itu
ditulis oleh ulama saudi dan diterbitkan oleh penerbit saudi hanya 5 LE.
hehehe.

Wassalam