Istilah 'rancu' itu bahasa Inggrisnya 'fallacy', dan biasanya
dikaitkan dengan persepsi atau jalan pikiran.

Perbedaan batasan 'darah-daging' atau kekerabatan di antara ummat
beragam, ya emang beragam atau bervariasi. Tapi ada nilai yang
universal, yaitu kelompok manusia secara 'alamiah' akan selalu
berusaha kawin RELATIF sejauh-jauhnya dari hubungan kekerabatan.
Saya bilang relatif, karena emang tergantung dengan hukum, adat dan
kebiasaan. Yang melenceng dari ini nggak 'alami'..

Sementara ini saya berkesimpulan bahwa masyarakat Barat yang
tradisional apalagi modern, kurang ketat batasan kawin
kekerabatannya dibandingkan orang Timur, apapun sebabnya. Ada
hipotesa yang belum teruji, cerita Habil dan Qabil anak-anaknya Adam
saling kawin incest itu darimana?

Kalo saya liat pelem-pelem, baca di buku atau diskusi, sepertinya
kawin kerabat deket diantara bangsawan Eropa, itu umum. Bahkan
banyak 'gosip' yang nyleneh, yaitu affair di antara kakak-beradik.
Nafsu hewani?

Lain lagi dengan orang Timur. Saya ingat waktu lagi masukin goa
tempat kuburan suku Toraja beberapa tahun lalu.  Pemandu kami dengan
lancarnya bercerita tentang Romeo-Juliet ala Toraja, dari generasi
yang lalu. Dia menunjuk tulang-belulang berserakan dekat kami. Ada
cinta terlarang diantara pasangan muda itu, karena saling jatuh
cinta sedangkan mereka bersepupu.  Jadi cinta mereka terlarang
ketika mereka hidup, tapi sesudah meninggal, jasad mereka
dipertemukan. (dalam adat Toraja, kematian adalah segalanya,
perjalanan masih jauh di alam kematian. Bahkan bikin kantong bokek,
karena setiap ada kematian harus nguras rekening bank...)

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Nimbrung :
> 1. Makanya ada istilah orang suratkabar :
> "laki2 itu melampiaskan nafsu hewaninya kepada anakkandungnya"
> [kadang2 suka baca sobekan koran poskota bekas bungkus cabe]
>
> Artinya 'nafsu hewani' itu jika laki2/pere melakukan seks
dengan 'darah daging' nya sendiri.
> 'darah daging' juga masih rancu :-)
> Batasan darah daging- yg tidak boleh dinikah versi agama (islam)
dengan suku,