Saya tanggapi komentar anda sekedarnya.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Sato Sakaki
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Yang membuat karikatur di suratkabar Denmark itu
saya
> kira adalah orang-orang Tidak Ber-Tuhan semacam juga
> yang telah menulis novel Da Vinci Code dan membuat
> banyak karikatur dan tulisan yang bernada
merendahkan
> keyakinan agama Kristen. Tetapi apakah anda pernah
> membaca "The Choice"-nya Ahmad Deedat? Isinya juga
> penuh nada merendahkan terhadap Alkitab yang menjadi
> landasan keyakinan Kristen dan KeTuhanan Yesus.

LD: Setidaknya Deedat tidak membuat karikatur, lebih
gentle. Dia mengatakan berdasarkan pengalaman,
berdialog, dengan belajar, menganalisa dan bukti,
bukan angan-angan. Dia memang seorang Kristolog.

SATO: Ustad Afrika Selatan asal India itu tidak jujur.
Dia memelintir dan berdusta.

LD: Kalo ada Islamologi seorang non muslim mengatakan
AlQur'an anu dan Muhammad SAW anu (seperti tulisan2
kaum Orientalis dan Israeliyat itu), tentu para
ilmuwan muslim jg akan bereaksi secara ilmiah. Deedat
tidak menghinakan pribadi Yesus, toh? Dia hanya
merendahkan KONSEP-KONSEP KETUHANAN dalam Kristen,
yang bahkan menurutnya konsep ketuhanan itu malah
merendahkan Tuhan yang sebenarnya ato meninggikan
Yesus yang kelewat batas. Kalau kemudian ada yang
tersinggung dan tidak suka dengan analisa spt itu ya
di counter aja, apa susahnya?

SATO: Memang di-counter kok. Saya meng-counter banyak
sebelum di-ban dari milis Era Muslim. Juga di milis
keras IslamKristen.

LD: Selebihnya terserah pembacanya. Sama seperti Da
Vinci Code, dimana kemudian banyak buku2 bermunculan
tuk menyatakan pro and kontra. Juga karikatur kartun
Nabi SAW ini, saya pikir malah akan menjadi promosi
ato dakwah ttg siapa itu Muhammad SAW sesungguhnya
(sama dengan peristiwa bom di WTC 9/11).

SATO: Bukan peristiwa bom (jangan ASBUN).
Yang terjadi adalah empat pesawat penumpang yang
dibajak ditabrakkan. Satu gagal karena penumpangnya
melawan. Memang karena peristiwa itu mereka jadi tahu
siapa Muhammad SAW, sebab itu mereka bikin
karikaturnya. Saya jadi tahu banyak juga sejak itu.

LD: Memang masalahnya adalah bagaimana kedewasaaan
kita dalam menerima perbedaan.

SATO: Setuju. Saya pernah membaca satu tulisan bernada
rasis yang mengatakan ciri kejiwaan rakyat dunia
ketiga itu adalah labil, mereka berperilaku seperti
anak usia puber, suka disanjung dan gampang marah dan
mengamuk. Berbeda dengan bangsa Barat yang memiliki
kematangan emosi dan tidak gampang terpancing. Semula
saya tersinggung membaca tulisan itu, tetapi setelah
melihat kenyataan: ada juga benarnya.

LD: Gimana Sato-san, sampeyan masih berhutang satu kpd
saya utk memberi rujukan kepada saya ttg bukti prilaku
Nabi SAW yang membabat pohon kurma? Sampai sekarang,
saya masih beranggapan bhw sampeyan memfitnah Nabi
Muhammad SAW dengan mengarang cerita sendiri. Lebih
gak gentleman lagi!

SATO: Saya tidak memfitnah dengan mengarang-ngarang.
Saya tidak memperpanjang karena saya di-moderasi oleh
moderator. Ada dua postingan saya, termasuk  yang
menanggapi postingan anda tidak mereka loloskan. Kalau
anda belum tahu, saya pernah dimoderasi (setengah
di-BAN) dua kali di milis ini karena perdebatan keras
yang bernada hujat-hujatan keyakinan agama dengan Haji
Muhammad Nur Abdurrachman (HMNA) di milis ini, antara
lain menyangkut nasib tiga suku Yahudi Madinah: Banu
Quraizah, Banu Qainuqah dan Banu Nadir di tangan
Muhammad. Jadi saya tidak memperpanjangnya.

Tetapi kalau anda hendak menemukan darimana saya
mengutip paragraf tentang penebangan pohon-pohon kurma
Yahudi itu silahkan anda buka buku Riwayat Hidup Nabi
Muhammad susunan Muhammad Husein Haekal yang anda
sebut dalam postingan anda. Periksa apa yang terjadi
pada Banu Qainuqah. Jika tidak didapat disana, coba
lihat bagian ethnik cleansing terhadap Banu Nadir.
Nanti akan anda lihat bahwa paragraf itu sama sekali
tidak saya karang-karang.

http://mail.yahoo.com