Terima kasih kembali Pak Chodjim, berarti dugaan saya selama ini tidak
keliru. Mangga, diskusinya diteruskan...

Salam,
bmuncar
pengasong koran dan majalah

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Leres, Mas Muncar.
>
> Tulisan saya ada di Jawa Palace (dalam bahasa Jawa), ada yang
diwawancarai oleh JIL, beberapa majalah lain, ada yang diskusi di
RCTI, diwawancarai oleh beberapa radio swasta di Jakarta maupun Medan,
juga di beberapa seminar.

> Bagi saya, malah kalau ada orang mencaci maki saya di milis semacam
WM, sebaiknya diloloskan. Tapi, kalau mencaci maki yang lain, jangan
diloloskan. Kita agar tahu saja, siapa yang baru memeluk atau belajar
agama Islam. Sebab, caci maki itu biasanya datang dari yang baru
memeluk Islam atau baru belajar agama Islam. Nah, akhirnya kita kan
mendorongnya untuk belajar Islam lebih banyak.

> Sebenarnya, caci-maki "klebinger" ala Mas Bedjo, itu tidak
dialamatkan kepada saya saja --meski di milis WM ini ditujukan kepada
saya. Caci maki itu tentunya dialamatkan juga kepada ulama besar yang
berpandangan tidak wajibnya jilbab. Kalau di Indonesia, pakar tafsir
Prof. Qurasy Shihab termasuk yang tidak menerima kewajiban jilbab. Itu
bisa dibaca dari buku "jilbab" yang beliau tulis. Di buku itu beliau
hanya menguraikan pandangan, dalil, dan alasan mereka yang mewajibkan
dan mereka yang tidak mewajibkan. Dan, putri beliau yang menjadi
pembawa berita Metro TV juga tidak berjilbab.

> Terima kasih atas empatinya, Mas Muncar.
>
> Wassalam,
> chodjim

kisah