Pak MQ,
Alhamdulillah komputer saya hari ini sudah membaik setelah MB-nya sempat
macet karena saluran listrik yang tidak stabil, tetapi power suplynya harus
diganti juga. Sekarang kita kembali ke dalam persoalan. Raka'at dalam shalat
seingat saya tidak lagi dicarikan keterkaitan istimewanya karena hal itu
sudah merupakan bagian dari shalat. Kedudukannya sudah lebih dari istimewa.
Sebagaimana pada postingan dahulu sudah saya jelaskan sedikit tentang hukum
taklifi maka sekarang kita juga harus mengingat kembali beberapa hukum lain
yang berkaitan dengan hukum taklifi ini. Yaitu yang dikenal dengan nama
syuruth, asbab, dan mawani'. Contoh dalam shalat adalah berwudhu, masuk
waktu, dan suci.

Syarat adalah hal-hal yang kesahihan suatu pekerjaan tergantung padanya dan
bukan bagian dari pekerjaan itu sendiri.
Berwudhu bukanlah pekerjaan shalat, tapi shalat tidak sah apabila tidak suci
dari hadas. Maka berwudhu merupakan salah satu syarat untuk pekerjaan
shalat.
Shalat subuh tidak sah apabila dikerjakan di tengah malam. Maka masuk waktu
untuk subuh merupakan "sebab" (saya beri tanda kutip bahwa yang dimaksud
adalah sebab istilahi) terhadap wajibnya shalat dan otomatis menjadi syarat
untuk pekerjaan shalat. Haid pada wanita adalah salah satu mawani' terhadap
pelaksanaan shalat. Maka suci dari haid adalah syarat pekerjaan shalat.

Semua perkara yang kita sebutkan dalam contoh bukanlah pekerjaan shalat,
yaitu sesuatu di luar pekerjaan shalat tetapi mempunyai "hubungan sangat
istimewa" dengan shalat. Sedangkan hal-hal yang secara langsung merupakan
bagian dari pekerjaan shalat, sesuai dengan posisinya masing-masing
diistilahkan nama tersendiri. Ada yang disebut dengan rukun shalat yaitu
hal-hal yang fardhu dalam pekerjaan shalat, dan ada sunnah-sunnah shalat.
Hal-hal yang wajib dalam shalat ini apabila tidak dilaksanakan salah satunya
atau bahkan tidak sempurna sesuai ukuran minimalnya maka shalatnya tidak
sah. Dan kita tidak mengatakan bahwa shalatnya menjadi haram hukumnya. Jika
shalat yang tidak sah tersebut dibiarkan saja dan pelakunya tidak
mengerjakan kembali shalat yang sah, maka tidak mengerjakan shalat ini yang
kita sebut haram.

Jika logika MQ ini yang dimasukkan ke dalam Fiqih dan Ushul Fiqih maka
betapa banyaknya orang yang mengerjakan shalat sesungguhnya mereka
mengerjakan yang haram dan berdosa. Jika shalat hanya sebagai salah satu
contoh dalam masalah ini, maka betapa banyaknya orang mengerjakan kewajiban
sekaligus mengerjakan sesuatu yang haram dan berdosa. Apalagi jika kita ukur
mazhab permazhab. Niat menurut Syafi'iyah misalnya adalah salah satu rukun
shalat. Seorang pengikut Syafi'i telah melakukan sesuatu yang haram dan
berdosa karena shalat tanpa niat. Bahkan belum lagi jika ke bagian yang
lebih mendalam tentang persyaratan dalam niat seperti pembahasan ta'arrudh
ta'yin; apakah niatnya sudah sah sesuai syarat atau tidak. Hal paling
maksimal yang pernah saya baca di dalam kitab-kitab fiqh dan ushul fiqih
bahwa para ulama menyebutkan shalatnya tidak sah atau shalatnya batal. Dan
mereka tidak pernah menyimpulkan sesuatu hukum terhadap shalat tersebut,
apalagi dengan menyebutnya sebagai pekerjaan yang haram.

Kemudian karena shalat yang tidak sah tersebut apakah pelaku melakukan
kembali shalatnya atau tidak, sudah tidak ada hubungan dengan pekerjaan
shalatnya yang tidak sah sebelumnya. Dan kita tidak memberikan kesimpulan
hukum terhadap shalat yang tidak sah tersebut sebagai haram. Sebutan yang
dikenal pada pelaku tersebut adalah kewajiban shalat masih ada dalam
tanggungannya, atau kalau MQ baca bahasa Arabnya, al-wujub ma zaala fi
dzimmatihi wa laa yasquthu 'anhu.

Jadi, saya harap bisa lebih dimengerti apa yang saya maksud dengan
"keterkaitan istimewa" tersebut. Saya tidak menggunakan istilah keterkaitan
pada hal-hal yang merupakan bagian dari pekerjaan tersebut. "Keterkaitan
sangat istimewa" adalah hal-hal yang di luar dari pekerjaan tersebut tetapi
terkait erat dengan pekerjaan tersebut baik sebagai syarat, sebab, atau
mawani'. Dan bagian ini ditentukan dengan nash atau dalil. Sedangkan
"keterkaitan istimewa" adalah hal-hal di luar pekerjaan tersebut, tetapi
secara nalar atau logika mempunyai pertautan kuat dengan pekerjaan tersebut.
Dan bagian ini sangat banyak di dalam masalah yang berkaitan dengan qiyas
secara khusus lagi "qiyas khafi".

Karena itu, logika yang digunakan oleh MQ bahwa shalat subuh 3 raka'at
mempunyai keterkaitan khusus/istimewa tidak bisa dinalar; keterkaitan antara
apa dengan apa? Kalau konteknya adalah memberikan tanggapan terhadap
penjelasan saya sebelumnya, maka satu-satunya konklusi dari logika ini
adalah shalat subuh 3 raka'at secara otomatis (yaitu dalam bahasa fiqih dan
ushul fiqih yang saya gunakan adalah ghalabat al-zhan) meninggalkan shalat
subuh. Dan karena itu, menurut MQ, maka shalat subuhnya 3 raka'at tersebut
hukumnya haram. Dan karena itu pula dalam tanggapan ini, MQ menggunakan kata
"digantikan" untuk memperkuat kasus yang dia maksud dalam shalat subuh
tersebut. Bukankah begitu, Pak? Dan inilah yang masuk dalam pembahasan
keterkaitan ini karena jika yang dimaksud dengan keterkaitan tersebut adalah
antara shalat dan jumlah raka'at, maka sudah tidak disebut keterkaitan lagi
karena raka'at merupakan bagian dari pekerjaan shalat itu sendiri
sebagaimana dijelaskan di atas.

Sekarang, apakah orang yang mengerjakan shalat subuh 3 raka'at itu otomatis
meninggalkan shalat subuh? Ini pembahasan keterkaitan istimewa yang saya
maksud. Dan sebagai penggambaran sederhana dalam masalah ini saya berikan
contoh dengan tidur (secara umum) dan tidur menjelang waktu shalat. Dalam
pandangan saya, tidak ada keterkaitan istimewa antara mengerjakan shalat
subuh 3 raka'at dengan meninggalkan shalat subuh. Artinya, tidak secara
otomatis (yakni tidak ada ghalabat al-zhan) mengerjakan shalat subuh 3
raka'at itu berarti meninggalkan shalat subuh. Tidak secara otomatis orang
yang tidak sah shalatnya pasti meninggalkan shalat.

Dan karena itu, setiap pekerjaan tersebut tetap pada aslinya (baqiya 'ala
ashlihi). Pekerjaan shalat subuh 3 raka'at adalah tidak sah (dan hukum asli
di sini pun berlaku jika pelaku mengetahui dengan sadar dan yakin hal
tersebut. Apabila tidak demikian, maka yang berlaku adalah shalatnya sah
meskipun dia ragu setelah selesai shalat karena al-yaqinu la yazuulu bisy
syak [itu kaidah ushul fiqhnya dari kaidah-kaidah utama yang lima]) dan
pekerjaan meninggalkan shalat subuh adalah haram. Berbeda dengan tidur
menjelang waktu shalat dalam ukuran ghalabat al-zhan bahwa waktu "menjelang"
tersebut membuatnya meninggalkan shalat, maka tidurnya tersebut dihukumkan
haram. Dan itu tidak berlaku pada "tidur" secara mutlak atau makna umum
tidur karena tidak ada keterkaitannya dengan meninggalkan shalat.

Sekarang, jika MQ masih ingin memberikan bantahan, maka bisa dijelaskan
bagian mana yang konkrit yang bisa digunakan sebagai ukuran standar bahwa
mengerjakan shalat subuh 3 raka'at itu berarti meninggalkan shalat subuh.
Dalam pandangan saya, satu-satunya unsur yang bisa dijadikan ukuran standar
adalah keyakinan pelaku saja. Artinya orang yang melakukan shalat subuh 3
raka'at berkeyakinan bahwa jumlah raka'at subuh itu 3 raka'at. Dan karena
adanya keyakinan dan pandangan tersebut, maka sudah dipastikan dia tidak
mengerjakan shalat subuh lagi karena 3 raka'at yang ia kerjakan itu
menurutnya sudah sah. Karena hal ini berupa keyakinan dan pandangan, maka
hal ini adalah subyektif dan bersifat parsial pada orang per orang saja. Dan
oleh karena itu, hal ini tidak bisa dijadikan hukum standar bahwa orang yang
melakukan shalat subuh 3 raka'at itu berarti mengerjakan shalat subuh yang
haram.

Demikian,
Wassalam

Aman