Sebelum negara Israel (modern) berdiri, di daerah Palestina sudah tinggal
orang Yahudi karena tidak semua Yahudi meninggalkan Kanaan sebagai diaspora.
Tanah Palestina (Kanaan) waktu itu berada di bawah jajahan Turki (Sultan
Ottoman) seperti juga daerah Timur Tengah lainnya, termasuk Mesir. Menjelang
PD II berakhir, bankir Rottschild yang tinggal di Inggeris membeli sebagian
tanah di daerah itu dari pejabat-pejabat Turki yang korup, dalam rangka
persiapan mendirikan negara Israel sesuai persetujuan Balfour. Secara
berangsur orang yahudi yang berada di perantauan kembali ke daerah Kanaan
(tanah Palestina) dan menempati tanah-tanah pertanian yang sudah dibeli.
Ketika arus balik itu begitu besar dan mulai mendapat tentangan dari negara
Arab tetangga Palestina, Inggeris mulai mengekang orang-orang yahudi
tersebut, antara lain melucuti tentara yang dibentuk oleh orang-orang Yahudi
 Maka pecahlah perang antara tentara yahudi dengan Inggeris di tahun 1948.
Di situlah Moshe Dayan (pemukim lama) mendapat luka yang mengakibatkan
matanya buta sebelah.
Orang Palestina sendiri sperti juga semasa dijajah Turki, tetap menjadi
petani yang miskin dan makin tersingkirkan. Dengan bantuan negara-negara
Arab yang tidak senang atas kehadiran negara Israel, orang-orang Palestina
mulai melakukan perlawanan terhadap orang-orang yahudi pendatang yang
dianggapnya merampas tanah-tanah pertanian mereka (yang sebenarnya telah
dijual oleh pejabat Turki sebelum melarikan diri balik ke Turki karena kalah
perang).
Perselisihan antara yahudi dengan Palestina sudah terjadi sejak sebelum
kelahiran Yesus. Raja Daud (Dacid) membuat kota yang dibentengi tembok untuk
mencegah serbuan orang-orang Palestina (Filistin) dan menamakan kota itu
Yerusalem (negeri yang aman). Jadi perseteruan mereka sebenarnya perseteruan
lama yang tidak bersangkut paut dengan agama. Juga Israel bukan berdiri
karena kemauan sekutu, meskipun negara-negara Eropa lebih senang kalau
orang-orang Yahudi pulang kampung. Dari sejak sebelum perang salib, orang
Eropa tidak menyukai Yahudi yang dianggapnya membunuh Yesus.