Kalau istri saya pakai jilbab dan kerudung mbak Aisha, jadi kalau shalat
di luar rumah cukup berwudlu saja, tidak perlu bawa mukena kemana-mana.
Tapi kalau di rumah dia memang pakai mukena karena kalau di rumah dia cuma
pakai daster. 8-)

Trims atas infonya mengenai mukena.

Salam,

"Aisha" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
03/10/2006 09:11 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

<wanita-muslimah@yahoogroups.com>
cc

Subject
[wanita-muslimah] Mukena

Pak Wida,
Saya pernah cerita beberapa kali di WM dalam topik2 lainnya dengan teman2
WM
tentang mukena - pak Wida mungkin bisa melihat yang dipakai istrinya -
entah
mukena yang satu potong untuk seluruh badan, atau yang 1/2 badan dan 3/4
badan dan bawahnya pakai potongan kain lainnya atau dengan sarung.

Kita mengenal mukena saat sholat itu di Indonesia, tapi ketika saya sholat
di Masjidil Haram, mesjid Nabawi, dan mesjid2 lainnya di Arab Saudi -
ternyata tidak semua wanita sholat dengan mukena yang kita kenal di
Indonesia.  Wanita Arab memakai gamisnya dengan kerudung segi empatnya -
umumnya berwarna tua (hitam, dark blue, coklat, dll) tapi kerudungnya bisa
berwarna-warni - umumnya wanita Arab ini besar2 badannya dan ketika ruku
gamisnya ketarik ke atas sehingga kakinya bagian bawah terlihat (pakai
mukena tidak terlihat karena panjang mukena lebih dari kaki kan?.

Wanita2 dari Afrika dengan kulit hitamnya begitu menarik karena mereka
sholat dengan semacam gamis yang panjangnya sampai ke mata kaki - tapi
dengan warna2 nge-jreng hijau terang, merah menyala, dll, juga dengan
motif
yang rame (bulat2 besar, bunga2 besar, dll) dan warna-warni, tutup
kepalanya
lucu - seperti tutup kepala orang India tapi dengan lipatan2 menarik mirip
keong, lehernya terlihat.

Wanita2 kaukasian memilih gamis dan kerudung dengan warna2 lembut seperti
warna baju2 bayi - pink, biru muda, kuning muda, dll untuk sholatnya.
Wanita2 India ada yang memakai sari tapi yang jenis tidak terlihat
perutnya
dan memakai kerudung lebar 1.2x2 meter yang tipis.

Jadi untuk sholat-pun yang saat kita berhubungan dengan Allah, tidak
semuanya pakai mukena yang seperti di Indonesia - malah di Indonesia ini
lucu, misalnya saat tarawih atau sholat Ied di lapangan, jika saya memakai
mukena yang bukan putih - yang lain bisik2, padahal bukan putih itu bukan
yang warna kuat (merah, ungu, hijau, dll) tapi warna2 soft seperti beige.

Dengan keragaman bentuk dan warna juga motif, di Arab Saudi sana ulamanya
gak ada yang marah atau mewajibkan semuanya pakai mukena ala Indonesia
atau
warna putih kan? Begitulah laporan pandangan mata 'mukena' saat sholat
ketika saya memperhatikan kelompok perempuan sebelum sholat dimulai.

Pertanyaannya sekarang, apakah nutup aurat wanita saat berhubungan dengan
Allah (sholat) itu juga sama dengan nutup aurat saat berhubungan dengan
makhluk-Nya? Jika nutup aurat di mesjid2 yang dianggap mesjid penting
dalam
Islam seperti itu (beraneka ragam dan masih terlihat kaki bawah juga ada
yang bergamis ketat), apakah di kehidupan sehari-hari juga 'jilbab'nya itu
bisa beraneka ragam?

salam
Aisha
------------
From: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Dari Mana Muncul Mukenah? Re: [wanita-muslimah] Re: Burqas for
rent, and Arab women
> [...]
> dengan kepala terbuka. Kemudian setelah turun ayat jilbab itu para
> muslimah shalat dengan kepala tertutup kerudung (khumur). Lalu sejak
kapan
> ada baju mukenah yang khusus untuk shalat? Bukankah baju mukenah itu
> muncul ketika para muslimah mulai melepaskan kerudung dan jilbabnya?
>
> Atau apakah ketentuan menutup aurat itu bagi wanita hanya ketika shalat
> saja? Bukankah Allah Maha Melihat? Bukankah perintah menutup aurat itu
> justru diadakah untuk kemaslahatan manusia? Bukan untuk Tuhan?

Send instant messages to your online friends
http://asia.messenger.yahoo.com