Komentar saya di samping tulisan Pak Wida.
salam
l.meilany
----- Original Message -----
  From: [EMAIL PROTECTED]
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, March 09, 2006 7:55 AM
  Subject: Dari Mana Muncul Mukenah? Re: [wanita-muslimah] Re: Burqas for rent,
and Arab women

  Tetapi sekarang coba kenapa setiap muslimah yang mau shalat harus pakai
  mukenah? Padahal syaratnya adalah menutup aurat. Sedangkan laki-laki tanpa
  pakaian khusus untuk melaksanakan shalat?
  LM : Yg pake mukena mukagak itu setahu saya cuma muslimah di indonesia dan
melayu.
  Ada famili saya berjilbab memakai gamis yg lama di amerika selatan jika
sholat hanya
  memakai baju yg ia pakai di tambah dengan kaus kaki dan sarung tangan.
  Ketika ia liburan ke indonesia ia memborong mukena aneka warna untuk oleh2.
  Di sana mukena itu menjadi pakaian u sholat yg istimewa dan unik.
  Katanya di rumah bisa cuma pakai pakaian dalam saja, ketika sholat pake
mukena. :-))
  -------

  Saya rasa, sebelum ada peraturan jilbab, para muslimah shalat mungkin
  dengan kepala terbuka. Kemudian setelah turun ayat jilbab itu para
  muslimah shalat dengan kepala tertutup kerudung (khumur). Lalu sejak kapan
  ada baju mukenah yang khusus untuk shalat? Bukankah baju mukenah itu
  muncul ketika para muslimah mulai melepaskan kerudung dan jilbabnya?
  LM : Seperti pak Arcon bilang, baju mukena muncul sebagai solusi bagi
muslimah indonesia
  khususnya dalam menjalankan ibadah - sholat. Karena pakaian sehari-harinya
kan tidak kayak orang Arab.
  Anehnya , waktu sholat ied bulan kemarin, muslimah yg sholat nggak pake
mukena dipandang aneh...
  Padahal muslimah itu sudah memakai gamis jilbab, sarung tangan dan kaus kaki.
  Karena jika sholat ied tampak memakai pakaian atau mukena yg berwarna warni,
batik misalnya itu hal yg
  jadi perhatian. Sejak dari dulu pakaian sembahyang muslimah indonesia [ yg
sudah ketutup atau belum]
  adalah mukena -telekung berwarna putih atau broken white masih afdol......
Dilain warna tersebut misal batik,
  atau kain sarung dianggap mau cari perhatian.........:-D
  Ada pengajian -tablig dari ustad tertentu yg 'mengafdolkan' berseragam
putih-putih. Maka bagi jamaah perempuan, sering di pakai adalah mukenah.....
  ---------------
  Atau apakah ketentuan menutup aurat itu bagi wanita hanya ketika shalat
  saja? Bukankah Allah Maha Melihat? Bukankah perintah menutup aurat itu
  justru diadakah untuk kemaslahatan manusia? Bukan untuk Tuhan?
  LM : Bagi saya 'menutup aurat' adalah aturan shalat. Sedangkan aurat dalam
berpakaian - berpenampilan
  tidak jelas. Tergantung dari budaya setempat. Karena suarapun bisa dianggap
aurat. Gimana para muslimah yg bersawah? Lengan dan kakinya terbuka.....Kalo
pake baju ketutup tapi mencetak lekuk tubuh gimana? Kalo pake baju ketutup tapi
sering bersenggolan di bus dengan laki2 gimana? Gimana pake jilbab tapi bekerja
di pabrik, yg kerjanya shift, malam2 baru pulang...?? Penafsiran aurat memuat
hal2 yg membingungkan , tidak jelas bahkan tidak dapat di rumuskan secara
definitif - absolut. Menurut saya yg rada sepakat soal aurat cuma masalah
ketika sholat saja :-)) Itupun masih jadi 'keanehan' tatkala ada perempuan yg
ikut sholat berjamaah di masjid tetap memakai pakaiannya sendiri [ tidak
bermukenah], waktu itu
  ia memakai celana jins, kemeja lengan panjang [ tadinya di gulung] kemudian
berjilbab, dia hanya melengkapinya dengan sarung tangan dan kaus kaki.

  Salaam...

  "kila4tb1roe" <[EMAIL PROTECTED]>
  Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  03/08/2006 05:41 PM
  Please respond to
  wanita-muslimah@yahoogroups.com

  wanita-muslimah@yahoogroups.com
  cc

  Subject
  [wanita-muslimah] Re: Burqas for rent, and Arab women

  Bagini Pak Wida, pada zaman Nabi perintah jilbab dilakukan untuk
  kepentingan perempuan. Karena pada saat itu ada hukum yang berlaku
  jika seorang wanita merdeka "diharamkan" untuk di ganggu termasuk
  pelecehan seksual karena hukuman yang berlaku pun amat keras yaitu
  bentrokan/peperangan antar suku/bani/keluarga yang bisa berakibat
  kematian.

  Untuk itu jilbab dijadikan suatu identitas wanita merdeka, ini
  diadaptasi dari cara berpakaian para wanita bangsawan bangsa persia
  dan bizantium jadi ini landasan nya mengapa jilbab dipilih sebagai
  simbol identitas perempuan merdeka. Coba kalau dulu dipilih identitas
  perempuan merdeka misalnya pake bulu ayam dikepala atau mukanya di
  coreng-moreng kaya orang indian bakalan salah kaprah juga sekrang di
  kira cewe harus di coreng moreng mukanya biar tidak menggoda laki-laki;)

  Pada zaman Nabi, jilbab bukan di pandang sebagai busana yang menutupi
  aurat perempuan atau membatasi/mereduce daya tarik seksual perempuan
  terhadap laki-laki tapi HANYA SEBAGAI IDENTITAS PEREMPUAN MERDEKA AGAR
  DIKENAL DAN TIDAK DI GANGGU ..begitu kan bunyi Qs.33:59.

  Makanya Umar itu suka bete abis kalau ada budak yang sok-sok'an pake
  jilbab bisa babak belur dihajar Umar ra.

  Sekarang ini Jilbab justru diberlakukan para perempuan bukan lagi
  untuk kepentingan perempuan, tapi semata-mata untuk kepentingan
  laki-laki dengan dalih aurat bahwa aurat perempuan itu seluruh tubuh
  perempuan kecuali muka dan telapak tangan kemudian aurat perempuan itu
  menggoda laki-laki dan laki-laki yang tergoda bisa syah-syah saja
  melakukan pelecehan seksual. so agar perempuan tidak dilecehkan
  laki-laki maka harus dijilbabin jadi jilbabin perempuan demi laki-laki
  padahal perempuan berjilbabpun tidak ada jaminan untuk bisa aman-aman
  saja... maka inilah yang namanya jilbab dari kaca mata misogini;)