Mieke Amalia, Babak Baru Seorang Model

Oleh Frans Sartono

  Mieke Amalia adalah model yang sehari-hari berurusan dengan pentas
keindahan. Ia mencoba menepikan citra itu, setidaknya di depan
kamera. Pada acara komedi "Extravaganza" tayangan Trans TV, Mieke
tampil dalam kapasitas lain—termasuk menjadi orang gila sampai
kuntilanak, misalnya. Dan, ia menikmatinya.

  Saya harus berani melepas image cantik di depan kamera," kata Mieke
Amalia (28) yang ditemui di kedai kopi Starbucks di kompleks studio
Trans TV sebelum pengambilan gambar Extravaganza, Selasa (14/3)
petang.

  Sosok Mieke dalam sekitar sepuluh tahun terakhir ini kerap muncul di
media cetak dan televisi sebagai model iklan. Tersebutlah iklan
produk pembalut wanita, sampo, obat nyamuk oles, film, sepeda motor,
sampai sandal. Pernah pula ia membintangi iklan bedak bayi, sabun
detergen, sampai bumbu masak. Belakangan wajah Mieke juga muncul pada
iklan bank dan susu bubuk.

  Begitulah, iklan menuntut Mieke muncul dalam kapasitas indahnya. Akan
tetapi, Extravaganza menuntut Mieke lebih dari sekadar sosok fisik.
Dengan sukacita ia menyambut kesempatan itu.

  "Persepsi bahwa cantik itu segalanya sudah lewat," tambah Mieke yang
pernah menjadi gadis sampul majalah Mode tahun 1993 ini.
  "Saya harus mempunyai kelebihan. Kalau hanya cantik, Trans TV bisa
cari banyak. Kini saya harus mengasah apa yang ada di dalam" tutur
Mieke yang lahir di Jakarta, 24 April 1977, ini.

Apa yang ada di "dalam" itu antara lain kemampuan menjiwai peran.
Mieke mengaku bukan orang panggung. Ia mengakui awalnya sangat kaku
dalam menginterpretasikan naskah ke dalam gerak dan dialog di depan
kamera. Oleh karena itu, ia berusaha keras mempelajari olah peran
dari rekan-rekan mainnya di Extravaganza yang lebih dulu bergerak di
pentas hiburan, seperti Tora Sudiro sampai Aming.

  "Karena kami taat pada naskah, saya pada awalnya tidak bisa
improvisasi. Kalau salah sedikit, saya jadi bingung," kenang Mieke
yang kini merasa tidak pusing lagi menghadapi panggung.

  Di pentas Extravaganza, Mieke kini bisa dengan nyaman melakukan aksi
yang mungkin ditabukan di jagat model yang mengacu kepada hal yang
serba indah, anggun, dan elegan. Katakanlah itu misalnya mengembuskan
hawa dari mulut sampai bicara soal bulu ketek.

  "Era physical beauty (keindahan raga) itu sudah lewat. Keinginan
untuk tampil cantik itu harus saya hilangi. Itu sempat saya
kompromikan. Tetapi ternyata saya enjoy," kata Mieke yang di luar
kamera tetap terlihat segar.

  Tak bikin stres

  Suasana kerja tim Extravaganza yang nyaman membantu Mieke belajar
improvisasi, interaksi spontan atas situasi yang tercipta tiba-tiba.
Suasana kerja digambarkan Mieke sebagai penuh tawa tetapi
profesional. Di tengah ritme kerja industri hiburan yang cepat dan
kompetitif, Mieke dan rekan kerjanya dapat bekerja seperti sebuah
keluarga.

  "Itu yang susah dicari. Ini pekerjaan yang menyenangkan. Kami kerja
tanpa beban dan tidak bikin stres. Hasil juga lumayan," kata anak
ketiga dari empat bersaudara itu.

  Proses pengambilan gambar Extravaganza dilakukan setiap Senin dan
Selasa. Mieke menyebut dua hari itu sebagai hari yang tak dapat
diganggu gugat karena ia ingin tampil habis-habisan. Ia sudah siap di
studio Trans TV pukul tiga siang. Ia akan mempelajari naskah,
dilanjutkan dengan membaca naskah bersama. Tahapan selanjutnya adalah
blocking atau tata posisi gerak, langsung di ruang pentas. Setelah
beristirahat, mereka kemudian berdandan dan siap berhadapan dengan
kamera. Proses akan selesai pukul dua belas malam.

  Pekerjaan itu tidak mengganggu aktivitasnya sebagai ibu dari dua anak
yang masih berumur balita. Pada pagi hari, ia masih sempat mengantar
anak pertamanya sekolah di Victoria Readers Centre, Kemang, Jakarta
Selatan.

  Ibu

  Komedi televisi adalah panggung kehidupan baru bagi Mieke.
Sebenarnya, ia merasa hidupnya sudah komplet. Setidaknya itu jika
diukur dari hidup keluarganya yang secara finansial dan batiniah
tercukupi. Akan tetapi, ada semacam tuntutan untuk terus bergerak
mengembangkan diri.

  Setelah menikah dengan pengusaha Hendra Wijaya (38), Mieke memang
sempat vakum sekitar lima tahun dari aktivitas kerja profesional.
Sejak menjadi ibu, ia praktis lebih banyak tinggal di rumah. Ia
berkonsentrasi penuh dan menikmati peran sebagai ibu dari dua putri,
Queena Miendra (4) dan Kayra Miendra (2). Belakangan, anak-anaknya
sudah bisa ditinggal.

"Saya tak bisa menjadi ibu rumah tangga yang seratus persen diem di
rumah. Setelah lima tahun vakum, suatu hari saya berpikir bahwa saya
perlu keseimbangan. Saya harus melakukan sesuatu," kata Mieke yang
berumah tangga pada tahun 1999.

  "Dalam status sebagai istri, ibu dengan dua anak, kalau saya hanya
stuck, terpaku pada satu kemampuan, itu akan membuat saya tidak
berkembang," kata Mieke yang kemudian mencari informasi tentang
peluang pekerjaan di luar model dan mendapat kesempatan di acara
komedi televisi itu. "Saya tidak mencari popularitas. Saya hanya ingin
melakukan sesuatu  agar hidup ini worthy, berarti," kata Mieke.

  KOMPAS

  http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0603/19/urban/2516839.htm

Click:

http://www.mediacare.biz