Assalamu'alaikum ww,
Numpang lewat nih Mbak Herni. Menurut saya fenomena melajang di
kalangan perempuan sekarang karena keduanya, keterpaksaan yang akhirnya
menjadi pilihan. Awalnya sih menurut saya karena kelewatan pada masa
mencari jodoh, jadinya nggak dapat jodoh (menurut saya jodoh itu 40 %
takdir 60% ikhtiar). Lalu karir juga semakin menarik. Pandangan
terhadap laki-laki sebagai suami semakin minor. Ngeri membaca keluh
kesah istri yang under pressure dan memimpikan "duni tanpa suami".
Maka jadilah melajang sebagai "pilihan yang sulit dihindari". Lalu
berusaha defense untuk melawan pandangan awam, bahwa wanita lajang itu
juga bisa baik-baik. Bahwa perempuan lajang itu bisa hidup normal tanpa
sex. Dsb.

Jadi menurut saya ya Mbak, latar belakang masalah melajang itu sendiri
memang sudah kusut dari sononya. Jadi bukan muncul begitu saja. Atau
sekedar adu argumentasi bahwa perempuan bisa hidup normal tanpa sex.
Kalau mau diurai benang kusutnya, menurut saya inti masalahnya adalah
adanya ketidaksiapan masyarakat kita menghadapi perubahan jaman.
Pandangan tradisional masyarakat tentang apa itu keluarga. Orangtua
yang tidak siap mendidik anak-anaknya dalam menghadapi kehidupan
berkeluarga. Negara yang tidak memiliki arah dalam membangun masyarakat
dan bagaimana menempatkan lembaga keluarga di dalamnya. Dunia
pendidikan yang tidak menyentuh dan mengembangkan ilmu-ilmu dunia
domestik. Berbagai aspek kehidupan yang tidak ramah keluarga. Dsb. dsb.

Nah, kalau kita masuk ke argumentasi hidup tanpa seks. Menurut saya sih
bisa bisa saja si perempuan A atau B menjalani hidup normal tanpa seks.
Tapi bukan semua perempuan melajang. Para perempuan (dan lelaki) lajang
dapat hidup tanpa seks normal.

Wasalam,
Jehan

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Herni Sri Nurbayanti"