Mungkin disini kita harus mulai berlajar untuk berempati, dengan
berempati kita tidak mudah untuk melabeli seseorang baik itu dengan
label dosa, iman, kejahatan, kebaikan, pintar, bodoh, cakep, jelek dll.

Pasa satu sisi mungkin kita bisa merasa lebih baik dari si A tapi
pernah kita berpikir seandainya kita dalam kondisi si A...berada dalam
pengalaman yang sama, tekanan yang sama ...kita bisa lebih baik dari
si A atau bahkan kita bisa lebih buruk dari si A???

Kalau saya tidak salah Qur'an sendiri tidak pernah melabeli seseorang,
Qur'an melabeli sesuatu yang bersifat "wacana" umum/dalam
keseharian/dalam kehidupan manusia. Maka dari itu yang di anjurkan
Qur'an adalah untuk "saling nasehat-menasehati" dalam kebaikan...

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Yah, saya memang sering memandang kasus itu dari kacamata agama
(Islam).
> Memang konsep dosa (menurut Islam) masih melekat dalam diri saya.
Walaupun