enggak apa-apa Kok Mba Ida, memang agak seredak seruduk maklum masih
remeng-remeng;)

Tapi memang seperti yang dijelaskan Pak Ary bahwa feminism sendiri
enggak ujuk2 jleg ada. Sepertinya embrio dari feminsm di eropa sendiri
seiring dengan revolusi kriten terutama dalam perkembangan "portestan".

Semisal kasus Raja Henry I dan Anne Boleyn mempengaruhi perseteruan
antara gereja Roma Vs gereja Ingris dan perkembangan protestan pada
saat itu terlebih Anne boleyn adalah seorang pengikut protestan. Walau
ending nya enggak happy ending setidaknya mulai ada peran serta
perempuan dalam tirani gereja.

Ma'af ya Mba Ida, untuk sejarah semacam ini saya juga masih pake aji
rasa-rasa dan mungkin iya;)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "idakhouw" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Oya, supaya "dimensi ruang dan waktu"nya tidak kacau :) kayaknya harus
> dipelajari juga, jenis kekristenan seperti apa yang berkembang di
Amrik.