Terimakasih mas Laudza atas peringatannya. Mohon dikoreksi. Saya tidak
mendapatkan informasi ini dari ulama sufi. Tetapi dari bukunya Ibnul
Qoyyim al-Jauziyyah "Tamasya ke Syurga" serta "Filsafat Qur'an" nya Abbas
Mahmud al-Aqqad. Yang saya sampaikan adalah hasil bacaan saya dan
perenungan saya. Saya sharing karena saya juga ingin mendapatkan
tanggapan, koreksi, uraian penjelasan yang lebih memuaskan akal dan hati
saya untuk saya imani. Kita mungkin akan berhenti untuk masalah yang ghaib
ini menurut apa yang percayai masing-masing.

Salam,

"D'Laudza" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
04/12/2006 12:35 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Gambaran Syurga, Re: Pro wida kusuma

pak wida, hati2 membahas yang gini2an jangan terperangkap dengan jahil
al-sufiyat.. karena itu hanyalah pembodohan..

[EMAIL PROTECTED] wrote:
  Saya juga pernah berfikir demikian. Gambaran tentang kehidupan akhirat
(kebangkitan-pengadilan-syurga-neraka) sering sekali sukar difahami.
Sekalipun al-Qur'an, sepertinya penggambaran itu merupakan "pendekatan"
apa yang belum bisa kita memahami wujudnya. Tetapi saya termasuk yang
meyakini bahwa kehidupan di sana nanti bukan hanya ruhaniah, tetapi
jasadiyah juga. Kenikmatan yang sulit dibayangkan untuk ukuran kita di
dunia saat ini. Kita seperti mbak Sari di bawah, seperti seorang anak
kecil yang belum bisa memahami kenikmatan -maaf- orgasme itu. Sehingga
penggambaran2 dalam al-Qur'an maupun hadits itu merupakan penggambaran2
yang ekstrim. Salah satunya 72 bidadari itu. Kenikmatan (seperti)
berhubungan badan sepertinya ada di sana, dalam kenikmatan yang jauh lebih

tinggi kadarnya. Atau memang aktifitas seksual itu memang ada di sana.
Mungkin itu yang hendak digambarkan dengan 72 bidadari itu. Selama ini
nabi sering bercerita kepada shahabat ttg syurga itu, mungkin beliau malu
bercerita kepada shahabiah ttg kenikmatan seksual seperti apa yang akan
dialami oleh kaum wanita di syurga. Berita ttg 72 bidadari itu hanya ada
di hadits, tidak ada di dalam al-Qur'an. Sejalan dengan penggambaran itu,
bagaimana sih kita membayangkan bagaimana wujud fisik syurga itu? Apa yang

bisa kita bayangkan jika nabi mengabarkan seperti ini:

------------

Terdapat dua buah surga terbuat dari emas. Begitu juga tempat-tempatnya,
perhiasannya dan apa saja yang terdapat di dalamnya. Ada juga dua buah
surga dari perak. Begitu juga tempat-tempatnya, perhiasannya dan apa saja
yang terdapat di dalamnya. Tiada yang menghalangi manusia untuk melihat
Tuhan nya kecuali hijab keagungan yang ada pada Wajah Nya di surga Aden.
(hadits)

Sesungguhnya di dalam surga terdapat seratus tingkatan yang disediakan
Allah bagi orang yang bersungguh-sungguh di atas jalan Nya. Jarak antara
satu tingkatan dengan tingkatan yang lain adalah seperti jarak antara
langit dan bumi (saat ini). Maka jika kalian meminta surga kepada Allah,
mintalah surga Firdaus. Karena surga Firdaus adalah surga yang paling baik

dan paling tinggi. Di atasnya terdapat arasy ar-Rahman dari situ pula
sungai-sungai surga mengalir. (hadits)

Barangsiapa masuk surga, maka ia hidup terus dan tidak mati. Ia selalu
dalam kenikmatan dan tiada menderita. Pakaiannya tidak lusuh dan masa
mudanya tidak habis. Ditanyakan : wahai Rasul Allah, bagaimana bangunan
surga? Rasul Allah menjawab : batu batanya dari emas dan perak, adukannya
beraroma kesturi yang sangat harum, kerikilnya dari mutiara dan yakut, dan

tanahnya dari za?faran. (hadits)

Saya melihat surga (ketika isra mi?raj), dan ternyata di dalamnya ada
kubah dari mutiara dan tanahnya beraroma kesturi. (hadits)

Adakah orang yang siap pergi ke surga, karena sesungguhnya surga tidak
dapat dibayangkan? Demi Tuhan nya Ka?bah, surga adalah cahaya yang
bersinar terang, ia adalah aroma yang semerbak, ia adalah bangunan yang
megah, ia adalah sungai-sungai yang mengalir, ia adalah buah-buahan yang
ranum, ia adalah istri-istri yang cantik jelita, ia adalah perhiasan yang
banyak, ia adalah tempat yang abadi dan negeri yang sejahtera, ia adalah
buah-buahan, tanam-tanaman, kesenangan, kenikmatan, di tempat yang tinggi
dan indah. (hadits)

------------

Kebahagiaan pada kehidupan selanjutnya yang coba untuk digambarkan dengan
analogi kenikmatan2 yang kita rasakan di dunia tetapi dalam kadarnya yang
sangat tinggi. Bukan hanya untuk memotivasi kita agar mengejarnya dengan
beriman dan berbuat baik (amal shalih), tetapi mungkin memang ada
kebahagiaan di sana yang belum bisa kita bayangkan saat ini dengan seluruh

pengetahuan duniawi kita. Kita seperti seorang janin yang berada di dalam
rahim ibu kita yang mencoba untuk membayangkan kehidupan "di luar sana".
Ketika kita mengalami kematian dari alam rahim kita, maka kita akan
mengalami kehidupan berikutnya di dunia ini. Di mana seluruh indera kita
sudah dibuka dan mampu untuk menyerap dan belajar informasi yang lebih
luas lagi. Mungkin seperti itu analogi yang bisa kita ambil. Sebagaimana
usaha nabi menggambarkan kenikmatan kehidupan akhirat dibandingkan dunia,
laksana setetes air di ujung jari dengan luasnya samudera.

Agama (wahyu) memberikan informasi ini, bahwa di sana ada kehidupan yang
kebahagiaannya harus kita kejar dan usahakan. Kehidupan dunia ini hanyalah

senda gurau serta permainan yang menipu. Bukan untuk mengabaikan kehidupan

ini, tetapi untuk benar-benar mengutamakan kebahagiaan sejati pada
kehidupan selanjutnya, kehidupan terakhir yang lebih kekal abadi. Dan itu
-sepemahaman saya- bisa diraih dengan menjaga kebersihan jiwa (ruh) kita.

Salam,

"sarinesia" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
04/12/2006 10:14 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Gambaran Syurga, Re: Pro wida kusuma

kalau anak kecil yaaa iming2nya nanti kalo naek kelas dibeliin sepeda,
ato diajak piknik. gak mungkin anak kecil naek kelas dikasih cewek
supaya bisa orgasme atau ejakulasi.
kalau orang dewasa taat beribadah nanti dikasih bidadari/bidadara
karena bayangan kenikmatan orang dewasa adalah orgasme ato ejakulasi.
jadi semua iming2 itu disesuaikan dgn alam pikirannya.
padahal surga jauh lebih nikmat daripada orgasme.
kenikmatan yg tak terbayangkan seperti anak kecil yg tidak paham arti
orgasme.
kok orgasme terus sih :(

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Herni Sri Nurbayanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> dng 72 bidadari (atau imaginasi lainnya yg tentunya mengarah ke nafsu
> birahi dan sebangsanya, ya kan? :P) dan melupakan 'bidadari' yg
> sekarang? :P Itu yg saya gak ngerti..:-) Atau memang, 'bayangannya'
> adalah yg seperti itu, dan jadi terlihat lebih lebih menyenangkan
> karena perbuatan tsb di surga dianggap tidak kotor dan tidak suci?
> Maksudnya, surga dijadikan tempat pensucian segala aktivitas yg
> tadinya tidak boleh? Walah... berarti, hidup di dunia itu diibaratkan
> 'puasa akbar' dong? :-) Sekarang ditahan2, pas disurga boleh

        Women   Islam   Muslimah     Women in islam