Nimbrung : Pak Yas,
Sebenernya dasarnya adalah yg mengandung alkohol, bukan masalah sedikit atau
banyak yg di konsumsi.
Bukan masalah memabukkan atau tidak.
Lagi pula alkohol bisa menimbulkan adiksi -ketagihan
Kalo dah ketagihan bisa hilang akal, bisa nyolong, bisa malas, tidak produktif,
bisa kejam pada sodaranya sendiri.......
Gitu urutannya.

Makanya ada juga yg islam tetap beralkohol ria, karena seperti sodara Pak Yas,
minum tapi gak mabok. Tapi selain itu juga ada yg sering dilupakan bahwa manfaat
beralkohol itu sangat sedikit dibanding kerugiannya. Ini juga di jelaskan di
Qur'an
Gak mabok tapi livernya ambrol........
Penyakit hati [ beneran] itu sering gak kentara lho.....Gejalanya sangat samar2.
Tiba2 sudah parah, percaya deh pak. :-))
Kelihatan sehat2 saja, sampai kemudian jika sudah parah sakit sebentar langsung
mati di sertai
muntah darah. Orang yg kebanyakan nonton serial sinetron hidayah bilang, itu
azab, di santet, di guna-guna.
Tapi sebenernya hatinya telah pecah...... begitu urutannya.

Di milis yg membahas masalah ini gak melulu alkohol dalam miras per se yg gak
halal
Tapi juga alkohol campuran dalam makanan, minuman meski sedikiiiiit sebaiknya
di hindari....
Supaya gak jadi kebiasaan. Kebiasaan bisa berubah menjadi perilaku, ketagihan:
susah lagi mengobatinya.
Tiramizu yg asli, blackforest yg asli, vla dengan rhum dalam kue soes, rhum di
es krim, jus buah yg sudah berbusa
sebaiknya dihindari begitu katanya........
Ada kok penggantinya yg tak kalah citarasanya dengan mikol/miras

salam
l.meilany
[berharap rokok juga tidak di halalkan :-), mohon maap bagi para perokok]