Tabik mas Jano ko,

Wah memang mas Janoko ini jagoan hermeneutics...
Kata mas Janoko kemaren, ada Hermenuetics Yahudi, ada Hermeneutics Kristen,
eh sekarang ada lagi Hermeneutics Jerman....

1. Bisa mohon diterangkan beda ketiganya, atau ada lagi yang lain?

2. Sekarang mas Janoko baca sebentar postingan mas Janoko sendiri dibawah:

"...When such people say "text" they mean a literary artifact, something
aesthetically appealing, normally an ancient text WHICH EXISTS ONLY IN ONE
VERSION, say a tragedy by Sophocles, Plato's dialogues, a poem by Hölderlin.
This is not necessarily so in Islamic studies."

Karena mas Janoko menggunakan kata-kata Prof Josef van Ess sbg.
hujah, berarti mas Janoko paham dan setuju dengan pendapat beliau bukan?
Oleh karena itu saya bertanya:
- Apa yang dimaksud Prof Ess itu adalah dalam Islamic Studies yang dibahas
itu TEXT YANG BANYAK VERSINYA sehingga hermeneutics Jerman tidak bisa
digunakan? Bagaimana dengan Al-Quran? Apa memang versinya banyak?
- Apa yang dimaksud Prof Ess itu adalah dalam Islamic Studies yang dibahas
itu TEXT YANG SECARA ESTETIKA NGGAK MENARIK sehingga hermeneutics Jerman
tidak bisa digunakan? Bagaimana dengan Al-Quran? Apa secara aestetika
menarik?

Akan sangat beretika jika mas Janoko bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan
saya di atas...
Nggak usah mbulet-mbulet mas, nanti saya pusing..
yang sederhana saja ya njawabnya....kan pertanyaannya juga sederhana...
supaya mas Janoko dapet pahala menerangkan...
kasihan dong sama saya....
:-)
Terima kasih

Wassalam