Ada yang bilang menikahlah dan jangan takut soal rejeki.. :-)
Meskipun saya percaya rejeki itu urusan Allah, tetap saja ikhtiar dan fakta
'di lapangan' gak boleh dinafikkan.. Ini bukan soal percaya-gak-percaya
dengan ayat qur'an atau guru (murobbi?)..

Kamsudnya minimal kalau mau nikah mesti punya penghasilan sendiri dululah..
Setidaknya ini mengurangi 'cibiran' dan halangan dari beberapa pihak (ortu,
mertua, lingkungan?) orang belum punya 'maisyah'(?) koq pengen nikah..
anak orang mau dikasih makan apaan? :-p
salah satu joke di pengajian 'liqo' kan: cari 'maisyah' dulu, baru
'aisyah'.. :-)

Btw, nikah muda/dini itu batasan umurnya berapa ya?
Sebelum 25 tahun untuk pria atau 20 tahun untuk wanita?
Kata orang bijak menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu (soal) kemauan..
bukannya enak tuh tetap menjadi 'anak-anak' atau robot.. gak harus pusing
mikirin konsekuensi.. tinggal ikutin perintah ortu/atasan saja.. :-)
Saya cuma disuruh, meniru atau cuma mengikuti apa kata bos dan para
pendahulu saya saja koq.. :-P

CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K