ANGIN TASIK

  13. ADA MATAHARI DI TROTOAR, ADA KABUT DI TROTOAR

  matahari di trotoar
  di dahan dan dedaunan kota
  ada di pintu serta jendela
  maka bercahaya paris dan seine ku
  juga montmartre
  salju tinggal kenangan bulan-bulan silam

  di taman
  seorang nenek
  bermain dengan ratusan merpati
  di antara wangi musim bunga lebih alami dari bulgari
  kulihat lalu betapa harapan tak luruh oleh usia dan sunyi
  tapi apakah aku bisa seperti  ini nenek dengan sebatang baget di tangan
  sementara juni yang kujelang sudah menunggu
  perahu syarat ancaman berlabuh di tepian

  di samping rumah merapi mengancam
  ajal pongah menunggu  di tikungan
  reruntuhan gempa laut selatan masih di bawah mata
  angin masih amis bangkai
  asin airmata mengadoni rasa hujan
  buah hati menyepi tak  berkabar
  -- tanda setia lebih dekat pada kesementaraan dan rayuan bajul
  -- haha, kerna tak awas aku sering olehnya menggelepar konyol

  redup langit
  di langit hatiku kabut hitam  pacu memacu penaka kawanan kuda berpacu
  bagai jago garang bertaji ipuh
  bercongor hitam
  melaga matahari musim bunga di trotoar

  seorang nenek bermain  dengan ratusan merpati musim bunga di taman katedral
  aku bermain dan dimainkan kemelut demi kemelut
  ancaman demi ancaman serta  sunyi dan rindu saat makna masih kuburu

  martabat!
  cinta!
  esok!
  saban detik patut digelut mencegah kesia-siaan janji
  menjamin kata

  aku menolak jadi pendusta, sayang
  menolak kesia-siaan pilihan
  dusta adalah petaka
  darah dan nyawa
  menurunkan kita jadi anjing kurap
  menghancurkan sanjak

  Paris,  Mei 2006.

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogja melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia 421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.