Saya rasa, saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh lagi. 8-)

Salam,

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
06/21/2006 12:39 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Patokan Umum-->Jangan Nikahi Pria Muslim, Please !

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

W: Anda benar mbak Chae, memang sulit sekali menyampaikan apa yang
saya maksudkan. Saya menggunakan kata ?sopan? agar norma itu berlaku
secara umum, lebih universal. Tetapi saya juga merujuk kepada perintah
al-Qur'an untuk menunjukkan standar kesopanan yang mungkin paling
tinggi. Perintah Allah dalam al-Qur'an untuk menutupkan kerudung kaum
wanita ke dada mereka dan mengulurkan baju kurung mereka ke seluruh
tubuh mau tidak mau harus membawa kita membayangkan bagaimana cara
berpakaian wanita sebelum ayat ini turun. Lalu bagaimana setelah ayat
ini turun. Kesopanan yang diminta al-Qur'an sebagaimana yang
dilaksanakan di zaman nabi rasanya merupakan standar yang tertinggi
dimana sensualitas wanita memang menjadi tertutupi sama sekali.

C: Tentu akan sulit Pak Wida jika kita berusaha mengatakan iya tapi
pada saat bersamaan kita pun mengatakan tidak;) Saya mencoba memahami
apa yang diuraikan oleh Pak Wida. Koreksi saya jika saya salah
menyimpulkan..

Pertama : Pak Wida menyatakan bahwa kata sopan di gunakan agar norma
itu berlaku secara umum dan lebih universal...

Kedua : Pak Wida merujuk kepada kesopanan dalam Al-Qur'an yang menurut
tafsir Pak Wida dengan bentuk menutup kerudung ke dada dan memakai
baju kurung keseluruh tubuh perempuan. Apakah menurut Pak Wida
kesopanan yang dirujuk Al-Qur'an bersifat lokal alias tidak berlaku
secara umum??

Pak Wida, bentuk2 yang diadopsi oleh Qur'an atau dirujuk oleh Qur'an
bersifat lokal dan temporal. Sementara sifat dan semangat Qur'an
sendiri adalah permanen dan universal karena Qur'an membawa misi untuk
menyampaikan wahyu2 Ilahi yang transenden.

Seringkali kita terjebak dalam bentuk2 yang diadopsi Qur'an dan
mempercayai itu sebagai sesuatu yang permanen, universal karena
merupakan wahyu Ilahi yang transenden sehingga tidak boleh dirubah,
dikritisi atau dihilangkan.

saya coba kutip ayat Qur'an : Qs 24:31

Katakanlah kepada wanita yang beriman:"Hendaklah mereka menahan
pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka
menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka.

Seandainya ayat di atas di turunkan kepada masyrakat betawi, menurut
pak Wida bagaimana bentuk pakaian kesopanan yang dirujuk Qur'an??
****

W: Dan hal itu terwujud di zaman nabi, wanita ?dengan kadar iman
tertentu- rela untuk menutupi semua sensualitas mereka. Tidak ada
informasi hal itu merupakan paksaan. Tetapi pelaksanaan itu keluar
dari dalam diri wanita itu sendiri dengan kesadaran. Mungkin kondisi
sosial budaya saat itu tidak menjadikan hal itu berat bagi wanita,
bahkan mungkin menguntungkan.

C: hukum pasar sih demikian, sesuatu yang menguntungkan tentu menjadi
tujuan untuk bisa di dapatkan, jika tidak menguntungkan apa masih
harus dipaksakan??;) jika dulu dengan jilbab bisa ada jaminan status
sosial, keamanan dan juga perlindungan..tentu saja tanpa ada paksaan
para perempuan akan berlomba-lomba untuk berjilbab...tapi apa sekarang
perempuan juga harus berlomba-lomba untuk berjilbab??
*****

W: Jadi menjawab pertanyaan mbak Chae sebelumnya tentang standar
kesopanan, apakah seorang guru wanita yang memakai setelan jas dan rok
selutut sudah termasuk berpakaian sopan? Maka saya akan menjawab jika
menggunakan standar wanita Indonesia, selama guru wanita itu tidak
menonjolkan  sisi-sisi sensualitasnya dengan mengetatkan pakaiannya,
atau menampakkan lekukan-lekukan dada, pantat dan bagian depan, maka
saya jawab guru itu sudah berpakaian sopan. Tetapi jika kita hendak
memakai standar al-Qur'an dalam hal berpakaian wanita, mungkin belum
memenuhi standar. Karena sebagai tuntunan Ruhani tentu al-Qur'an
menetapkan standar berpakaian yang tertinggi. Tentunya dengan tujuan
Ruhani tertentu. Sehingga untuk  menjawabnya memerlukan kadar keimanan
tertentu.

C: Guru itu orang Indonesia, tinggal di Indonesia dan memakai baju
kesopanan dengan standard wanita Indonesia, apa yang salah dengan hal
tsb Pak Wida?? dan saya mau tanya apa yang dimaksud dengan tujuan
Ruhani tertentu??bisa lebih jelas lagi agar saya paham???
****

W:Lalu ayat yang mengatakan sebaiknya wanita sebaiknya menutupi
keindahan tubuhnya dari laki-laki yang bukan muhrimnya itu adalah:
?.. dan janganlah menampakkan PERHIASAN nya, kecuali kepada suami
mereka(.. uraian ttg muhrim ..). Dan janganlah mereka memukulkan
kaki-kakinya agar diketahui PERHIASAN yang mereka SEMBUNYIKAN..? QS. 24:31

C: Pak Wida menafsirkan kata perhiasan sebagai keindahan tubuh
perempuan. Kalau saya pribadi lebih memilih menafsirkan kata
perhiasaan sebagai bentuk dari tubuh perempuan yang berkenaan dengan
aurat dan bukan pada keindahan tubuh perempuan karena bagaimana
menutupi keindahan tubuh perempuan jika pada perempuan adalah
keindahan itu sendiri Qs. 3:14
****

W: Dan pertanyaan yang terakhir, bagaimana caranya wanita menjadikan
dirinya sebagai sosok yang tidak mengundang birahi? Saya rasa kaum
wanita lebih bisa menjawab hal ini daripada saya yang seorang
laki-laki. Mereka yang paling tahu sisi-sisi kekuatan sensualitas
mereka. Tetapi secara umum menurut saya adalah dengan berpakaian,
bersikap dan berjalan yang tidak menonjolkan sisi sensualitas mereka
(tidak perlu diuraikan khan?). Tidak menampakkan lekukan-lekukan dada,
pantat dan bagian depan. Dan cara yang paling efektif adalah dimulai
dari dalam diri si wanita itu sendiri,  dengan kesadaran ?karena kadar
keimanan tertentu- untuk melakukannya.

C: Pak Wida, bagaimana dengan perempuan dia rab yang sudah dibungkus
kaya ninja masih saja ada yang diperkosa....sekali lagi saya tanya
bagaimana perempuan bisa menghilangkan sisi sensualitasnya sehingga
tidak mengundang birahi?? kenapa wanita arab yang dibungkus sin kaya
lontong berjalan masih ada yang diperkosa dan mengapa perempuan di
kolam renang dengan kain ala kadarnya kebanyakan tidak mengalami
pemerkosaan?? so help me please how to...??
****

W:Bagi sebagian besar wanita di zaman modern ini, anjuran ini mungkin
terasa tidak enak, karena bertentangan dengan anjuran yang selama ini
diserukan sejak kecil: ?Tampillah secantik mungkin. Perlihatkan semua
kecantikan wajah dan tubuhmu?. Sedangkan agama lebih mementingkan
penampilan akhlaq dan taqwa dari pada penampilan kecantikan fisik.
Kecantikan begitu dipuja di zaman modern yang serba materialistis ini.
Mungkin dengan tujuan-tujuan duniawi tertentu. Sehingga manusia
kehilangan kecintaan terhadap hal-hal yang bersifat Ruhani. Itulah
sebabnya panggilan ini diserukan kepada wanita-wanita yang beriman,
atau wanita-wanita dengan kadar iman tertentu, sehingga sanggup
menjawab panggilan ini.

C: saya pikir lebih kearah "UNTUK APA DILAKUKAN??" kalau ternyata
jilbab tidak menjamin perempuan pasti terlindungi, tidak menjamin
perempuan akan keamananya, tidak menjamin perempuan akan tingkat
keimanan...

bahkan saya sedih jika perempuan dinilai diri dan keimannya hanya
dengan selembar kain diatas kepalanya:(

> [...]
>
> Pertama : Pak Wida sudah menyatakan bahwa pakaian kesopanan itu psti
> relatif karena konteks sopan sendiri tidak mungkin dibakukan atau
> diseragamkan.
>
> Kedua : Pada kalimat yang lain justru Pak Wida membatasi atau mutlakan
> batasan pakaian kesopanan itu sendiri dengan mengatasnamakan Qur'an
> dengan kerudung menutup dada dan baju kurung yang menutupi seluruh
tubuh.

> Ini saya Quote kalimatnya:
>
> "Al-Qur'an memang tidak menyebutkan batasan aurat itu secara
>

> Mungkin hal ini dengan maksud ada kelonggaran sedikit yang

Kalau

> [...]

421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/jDk17A/gOaOAA/i1hLAA/aYWolB/TM