----- Original Message -----
From: <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, July 05, 2006 6:54 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: obrolan yesus, mbak Ida & me

> Bagaimana Yesus itu dikatakan melawan sistem yang jumud itu? Dan bagaimana
> Yesus disebut "radikal" dan melawan orang-orang yang zhalim? Bukankah
> dakwahnya itu cenderung lembut dan selalu mengalah? Menyerahkan pipi kiri
> jika ditampar pipi kanan? Bahkan membiarkan dirinya disalib?

Menyerahkan pipi kiri jika ditampar pipi kanan itu bukan cara dakwah dong
Bang Wida,
itu akhlak Nabi Isa as.
Sama dengan Rasulullah yang dicacimaki seorang pengemis Yahudi tapi tetap
menyantuni.
Sama dengan Rasulullah yang diludahi setiap kali lewat oleh seorang Yahudi,
tapi ketika orang itu tidak ada karena sakit malah Rasulullah cari-cari...

Nabi Isa kan turun pasti punya misi.
Saat itu kan kehidupan masyarakat Yahudi itu didominasi kaum elit pendeta.
Mereka itu eksklusif dan mengabsolutkan diri sendiri dalam urusan keagamaan.
Dan kalangan elit itu mengeksploitasi posisinya untuk kepentingan diri
mereka sendiri.
Lebih jauh lagi, sebagai bagian dari elit yang berkuasa di kalangan umat
Yahudi,
mereka memegang peranan untuk menentukan apa saja...

Korbannya spt. biasa adalah umat yang lemah yang terindoktrinasi (lha wong
pendeta yang bilang...),
dan bersedia mengorbankan apa saja

Ini yang didobrak oleh Nabi Isa as.
Film passion of christnya Mel Gibson cukup bagus menggambarkan hal ini.

> Lalu bagaimana hubungannya jalan keselamatan itu melalui darahnya?
> Diselamatkan yang bagaimana dan dari apa dengan darahnya itu? Dan apakah
> harus dengan mengorbankan darah dagingnya itu untuk menyelamatkan umat?
> Maaf ya, saya memang masih belum mudeng hubungannya dengan pengorbanan
> darah daging Yesus dengan keselamatan umat manusia. Filsafat apa yang
> mendasarinya?

Artinya kita harus mengikuti jalan Isa as. itu.
Praktisnya ya...
kita juga membela ya lemah, melawan yang zhalim
walaupun pada akhirnya mengorbankan diri kita sendiri juga

Pengorbanan untuk kepentingan orang banyak itulah yang oleh Nabi Isa scr
metaphoric disebut daging dan darahnya....
Isa as. itu bukan hanya materi organik belaka...
Isa itu perbuatannya...
daging dan darah Isa as, adalah pembelaan terhadap yang lemah dan perlawanan
thd kezhaliman.-

Pertanyaannya:
Buat pribadi: apa daging dan darah dari seorang Ary itu?
Apakah sekedar materi organik yang sama dengan binatang?

Apa daging dan darah dari KITA ?

Salam
Ary

> [...]
>

> Ini menarik,
> bagaimana kita bisa menarik pelajaran dari situ...
> Kalau diambil harfiahnya ya nggak bisa lah...
>
> Nabi Isa as. itu seorang "radikal" ;-) dalam sistem yang jumud dalam
> masyarakat Yahudi saat itu.
> melawan sistem yang korup dan membodohi masyarakat,
> membela yang lemah,
> melawan yang orang-orang yang zhalim,
> akibatnya beliau dihinakan, terlunta-lunta, diasingkan,
> suatu pengorbanan yang luar biasa... darah, daging seorang Isa untuk
> umat...
>
> Mungkin itu maknanya, jalan keselamatan itu disitu...

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM