--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kang Sutan berkata =
>   jujur aja, ketimbang diajari doa-doa yang membosankan, saya
lebih
> suka anak saya diajari/dilatih mandiri.
>
> any comment?
> --------------------
>
>   Jano ko urun rembug =
>
>   Wah tank kyu banget informasinya, kebetulan saya punya rencana
mau membuat TK, menurut saya anak-anak kita harus diberi makan
jasmani dan rohaninya bersamaan.
>   Tindakan Kang Sutan untuk menyekolahkan putranya di TK yang
Islami sudah betul, soalnya sudah menjalankan apa yang dianjurkan
oleh Nabi Muhammad SAW yaitu bahwa  A,B,C-nya anak kita tergantung
orang tuanya.
>   Jangan terlalu silau dengan hal-hal yang diluar Islam kang, yang
baik kita ambil and yang tidak baik kita simpan begitu. Islam is the
best.

>   Kombinasikan saja kecerdasan intelektualnya jepang dengan
kecerdasan spiritual dan kecerdasan kepribadiannya yang dari Islam (
padahal Islam juga menganjurkan kecerdasan intelektual juga lho ).
Saya yakin putra - putri Kang Sutan akan lebih tangguh dari anak-
anak jepang :)

>   wassalam.

saya kadang eneg aja lihat kriteria2 islami yang serba ndak jelas
itu. apa yang dimaksud islami itu kalau anak2 kita fasih berdoa? apa
permainan islami itu kalau bisa merangkai huruf-huruf arab?

saya nggak silau dengan apa yang ada di luar islam. tapi menurut
saya kemandirian dan disiplin itu adalah salah satu nilai islami
yang hakiki. celakanya itu sulit diperoleh.

kalau soal ngajarin anak berdoa, sambil main juga bisa. anak saya
saya ajari berdoa sebelum tidur, pas dia mau tidur. demikian juga
doa mau makan. jadi doanya fungsional sifatnya. kalau doanya
dihafalin model yang saya lihat di tk itu, saya khawatir terlalu
membebani anak.

padahal pendidikan kemandirian dan disiplin itu membutuhkan waktu
yang lebih lama, karena sifatnya prosen. itu menurut saya harus
diprioritaskan.

kadang saya lihat kita salah meletakkan prioritas. kadang kita malah
lupa untuk apa kita mendidik anak. anak kadang kita jadikan seperti
beo, yang membuat kita senang kalau mereka sudah bisa melafalkan
sesuatu. lalu kita lupa pada hal yang substansial.