Mba Lina,

Katanya manusia punya tools yang paling canggih untuk melindungi
keberadaan dirinya yaitu " kemampuan untuk bisa beradaptasi" itu juga
yang terjadi pada orang-orang yang mengalami traumatic berkelanjutan.
Salah satunya menjadikan rasa sakit sebagai suatu sensasi kenikmatan.

Dn satu lagi Mba Lina, baik perempuan maupun laki-laki jika mengalami
kejadian yang traumatic terutama berkaitan dengan kekerasan baik itu
kekerasan fisik, emosional maupun seksual umumnya akan menghancurkan
harga diri dan keberanian korban sehingga korban merasa tidak akan
mampu lepas dari cengkramannya bahkan korban bisa sangat ..sangat
rusak kepercayaan dirinya.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>